Home / BERITA TERBARU / 17 Warga di Yogyakarta Tewas Akibat Miras Oplosan

17 Warga di Yogyakarta Tewas Akibat Miras Oplosan

YOGYAKARTA –(LN) Korban tewas yang diduga akibat mengonsumsi minuman keras (miras) oplosan di Kabupaten Sleman, Bantul, dan Kota Yogyakarta terus bertambah. Sampai saat ini, sudah ada 17 orang tewas diduga akibat menenggak miras oplosan.

Dilansir dari Okezone.com, Kapolres Sleman, AKP Yulianto mengungkapkan, sampai saat ini ada 17 orang tewas dan 10 orang lainnya menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit. “Tak hanya di wilayah Sleman, tetapi juga termasuk di Kota Yogyakarta dan Bantul. Sementara yang kritis di RS Sarjito ada tujuh orang dan RS Hidayatullah tiga orang,” katanya saat dihubungi, Sabtu (6/2/2016).

Yulianto mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait dugaan kesamaan minuman yang dikonsumsi mereka. “Belum bisa mengaitkan bersumber dari tempat sama atau tidak. Barang bukti yang kita sita masih diperiksa intensif. Sudah kita kirim ke laboratorium forensik di Semarang untuk mengetahui kandungan oplosan apa saja,” ujar Yulianto.

Pihak kepolisian sudah menetapkan pelaku pengoplos miras yakni Sasongko (45) dan istrinya sebagai tersangka. Keduanya adalah warga Caturtunggal, Depok, Sleman. Kepada petugas, pelaku mengaku mengoplos miras menggunakan alkohol murni dan ditambah air. Untuk rasa, pelaku menggunakan perasa sari buah salak dan jeruk.

Yulianto mengungkapkan, selain kedua orang tersebut, polisi juga memeriksa pelaku lainnya. Petugas memeriksa empat pengoplos dan penjual miras.

Saat ini petugas juga masih mengembangkan kasus tersebut untuk menangkap tersangka lainnya.

“Masih dikembangkan apakah masih ada tersangka lain,” katanya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 204 KUHP, UU No 18 tahun 2013 tentang Pangan, serta UU Kesehatan No 36 tahun 2009. Keduanya bisa dijerat dengan ancaman hukuman seumur hidup.

(erh/Daud)

Check Also

Jalin Tali Kasih, IKW RI Kerjasama Humas Polda Sumbar Salurkan Bantuan Sembako

Padang (LN)– Ikatan Keluarga Wartawan (IKW-RI) Sumbar Bekerja sama dengan Humas Polda Sumbar dan Humas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *