Home / ---- / 5 orang Siswi Dharmasraya Dapat Tiket Lanjutkan Studi Pendidikan Tinggi dari Ditjen Kemendikbud RI

5 orang Siswi Dharmasraya Dapat Tiket Lanjutkan Studi Pendidikan Tinggi dari Ditjen Kemendikbud RI

DHARMASRAYA(LN)–Dunia Pendidikan Kabupaten Dharmasraya kembali menuai perestasi. Pasalnya, sebanyak 5 orang siswi asal Kabupaten Dharmasraya tahun ini mendapatkan tiket untuk melanjutkan studi Pendidikan Tinggi ke beberapa universitas ternama di Indonesia melalui program Afirmasi Pendidikan Tinggi (Adik) oleh Ditjen Kemendikbud Republik Indonesia.

5 siswi tersebut yakni, Soraya Risanda yang lulus ke Universitas Indonesia Fakulatas kesehatan Masyarakat, Sonia Fitri ke Universitas Sumatera Utara, Agroteknologi Pertanian, Sesda Alindo UNSIYAH Aceh Fakultas Matematika, Melani Dwi Damayanti ITS Surabaya Fakultas Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Riska Putri Taupik ITB Bandung Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengaku sangat bangga dengan prestasi yang ditunjukkan siswi-siswi tersebut. Pemerintah Kabupaten juga memberikan Apresiasi melalui Dinas Pendidikan dengan mempasilitasi keberangkatan kepada lima siswa tersebut. “Kami sangat bangga dan selalu mendukung anak-anak ini nantinya,” ungkap Bupati usai memberikan nasehat kepada lima siswi tersebut.

Dalam nasehatnya, bupati berharap kepada 5 calon mahasiswi itu agar sungguh-sungguh dalam belajar. Dimana yang paling utama selalu mendirikan sholat. “Jika kelak kalian berhasil kembalilah kedaerah kita untuk bersama-sama kita memajukannya,” ucap bupati kepada 5 siswi itu.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Dharmasraya Andiko Jumarel Menyebutkan, program Adik dari kementerian tersebut merupakan beasisiwa masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan uang kuliah dan kehidupan sehari-hari akan ditanggung pemerintah. “Dan mereka juga diberikan matrikulasi, atau pembekalan jikalau tertinggal, karena sekolah dikota sangat berbeda dengan di desa,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pemerintah kabupaten mengapresiasi kepada calon mahasiswi tersebut berupa kepedulian pemkab dengan mempasilitasi seluruh keberangkatan dan biaya hidup 5 orang siswa tersebut selama satu bulan. “Karena untuk bulan pertama mereka belum mendapatkan dana dari program itu, oleh sebab itu bulan pertama ini pemkab yang menanggung biaya mereka, selanjutnya dana dari program ini lagi yang akan menanggungnya,” tekuk Andiko

Ditambahkannya, tahun ini merupakan tahun kedua Dharmasraya mengirim siswanya keperguruan tinggi pavorit melalui program tersebut. Diman saat ini mengalami peningkatan dibanding tahun yang sebelumnya. “Kita berharap ini akan meningkatkan SDM kita. Karena kami sangat berharap jika mereka sudah lulus nanti untuk mengabdi didaerah ini,” ucapnya.

Sementara itu, Soraya Risanda yang lulus ke UI mengaku sangat  senang dan  berterimakasih apa yang telah diberikan pemkab, karena telah memfasilitasi keberangkatan mereka. Mereka juga berjanji untuk memajukan daerah kedepannya setelah mereka berhasil dalam pendidikannya nantinya. “Kami sangat senang dan berterimakasih, kami berjanji akan ikut memajukan daerah nantinya,” ucap mereka .(jpr)

Check Also

Lapas Kelas III Alahan Panjang Berikan Sanksi Tegas kepada Petugas Lalai

Alahan Panjang (Sumbar)—Lapas Kelas III Alahan Panjang memberikan reward kepada petugas atas prestasi integritas pengabdiannya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *