Home / ---- / Aceh Digoncang Gempa 6,4 SR, Masyarakat Panik Jauhi Laut

Aceh Digoncang Gempa 6,4 SR, Masyarakat Panik Jauhi Laut

ACEH (LN)—Aceh kembali digoncang Gempa berkekutan 6,4 SR , pusat gempa berada di 18 kilometer sebelah timur laut Kabupaten Pidie Jaya dengan kedalaman 10 kilometer, berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Gempa tidak berpotensi tsunami ini terjadi pada pukul 05.03 WIB, Rabu (7/12)

Guncangan terjadi selama 15 detik ini membuat warga panik dan berlarian meninggalkan rumahnya untuk menjauhi laut.

Beberapa rumah di Kecamatan Gelumpang Tiga, Kabupaten Pidie, roboh dan menimpa penghuninya. Adapun di Kabupaten Bireuen terdapat masjid yang rusak akibat goncangan tersebut.

Kepala BPBD Kab. Pidie Jaya, Puteh A Manaf menyebutkan, Untuk sementara baru ada sebanyak 36 unit toko roboh, sedangkan satu orang meninggal dunia lantaran tertimpa bangunan. Ada pula tiga korban luka-luka yang dibawa ke rumah sakit,” kata Puteh.

Jumlah korban jiwa dan skala kerusakan, menurut Puteh, masih terus diperbarui mengingat personel BPBD masih terus berupaya menjangkau seluruh kawasan yang terpapar gempa. “Kami agak kesulitan karena ada beberapa personel kami yang keluarganya juga menjadi korban,” ujar Puteh.

Hasil pemantauan BMKG menunjukkan hingga pukul 05.30 WIB sudah terjadi gempa bumi susulan sebanyak lima kali dengan kekuatan terbesar 4,8 pada skala Richter.

Meski gempa tidak disertai peringatan tsunami, guncangan yang terjadi pada pukul 05.03 WIB sempat membuat warga panik.

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *