Home / ---- / Antisipasi Pohon Tumbang, Pohon Pelindung di Pangkas

Antisipasi Pohon Tumbang, Pohon Pelindung di Pangkas

Agam (PN)-Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Agam melakukan pemangkasan dan merapikan pohon-pohon besar di sekitar Kota Lubuk Basung. Ini dilakukan mengantisipasi ranting yang patah dan pohon yang tumbang yang bisa merugikan masyarakat diwilayah itu. Sabtu (06/01).

Kepala Bidang Pemulihan dan Koservasi Sumber Daya Alam pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Agam, Jafrizal, langsung turun bersama beberapa anggotanya dan sekaligus melakukan pembersihan bekas-bekas pemotongan, dan menargetkan kegiatan ini selesai dalam tiga hari.

“Selain memberikan keindahan dan kenyamanan bagi masyarakat, kegiatan ini bertujuan agar batang pohon lebih kokoh,” katanya lagi

Dengan cara ini, nantinya ranting-ranting pohon akan keluar, sehingga pohon tersebut menjadi rimbum. Pemangkasan pohon pelindung itu untuk mengantisipasi dampak cuaca ekstrem terutama angin kencang, dan pohon pelindung yang bersentuhan dengan kabel listrik bertegangan tinggi. Ini beresiko merugikan masyarakat saat melewati pohon yang patah atau tumbang, baik saat berkendaraan maupun para pejalan kaki.

Tak hanya dipusat perkantoran di Padang Baru, pemangkasan juga dilakukan di ruas jalan dua jalur ruas Balai Selasa – Pasar Lama termasuk di sepanjang gelangang olahraga Sport Center Bukik Bunian. Sebelum pemangkasan dilakukan, pihaknya telah melakukan survei dan pengecekan di sepanjang jalan utama kota Lubuk Basung.

“Kita tata kembali, selain untuk keindahan kota juga mengantisipasi dampak buruk yang berpotensi dialami masyarakat, seperti kayu roboh atau tumbang, apalagi cuaca yang sering berubah ekstrem saat ini,” sebutnya lagi.

Sementara itu, dahan dan hasil pemangkasan pohon langsung dimuat ke dalam truk, untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah.

Disamping itu, pihaknya dalam waktu dekat akan fokus membuat tanam tanaman hias didaerah persimpangan untuk menambah keindahan kota, “saat ini kita telah memiliki bibit tanaman hias sekitar 200 ribu berbagai jenis yang berada di Labor Lingkungan Hidup, dalam waktu dekat akan kita tanam,” katanya mengakhiri. (jon/AMC)

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *