Home / ---- / Atasi Abrasi Pantai Ulakan Padang Pariaman, Satker PJSA Sumbar Bangun 2 Batu Grib Sebagai Pengaman Pantai

Atasi Abrasi Pantai Ulakan Padang Pariaman, Satker PJSA Sumbar Bangun 2 Batu Grib Sebagai Pengaman Pantai

Ulakan (LN)—Pantai Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman beberapa waktu lalu, tepatnya pada bulan Desember 2018 mengalami abrasi, yang mengakibatkan tiga rumah warga roboh. Dan kondisi itu kerap kali terjadi apabila cuaca ekstrim.

Melihat kondisi tersebut, pemerintah pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Direktorat Sumber Daya Air (SDA), BWSS V Sumbar, melalui program kerja Satuan Kerja  (satker) SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA), WS Indragiri-Akuaman, WS Kampar, WS Rokan Provinsi Sumatera Barat di tahun 2019 ini sudah mengalokasikan anggaran untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sebagaimana disampaikan Kasatker SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA), WS Indragiri-Akuaman, WS Kampar, WS Rokan Provinsi Sumatera Barat, melalui PPK Sungai dan Pantai I Reski Wahyudi, di Padang.

Pembangunan pengamanan pantai Ulakan kab. Padang pariaman dengan membuatkan struktur pelindung pantai.

Dibangunnya pembatas dari batu-batuan yang berguna sebagai pemecah ombak (peredam energi gelombang) pada lokasi tertentu, sehingga erosi pantai Ulakan di kab. Padang Pariaman dapat teratasi,

Untuk paket pekerjaan pembangunan pengamanan pantai Ulakan kab. Padang Pariaman dikerjakan CV. Andespal Jaya Bersama, yang sudah dimulai sejak 11 Februari 2019 sampai 8 oktober 2019, atau selama 240 hari kalender.

Ditambahkan Pengawas pembangunan pengamanan pantai Ulakan kab. Padang Pariaman Satker PJSA Sumbar, Arnold , Rabu (9/5) di lokasi pekerjaan mengatakan, Pada saat ini pelaksanaan pekerjaan sudah memasuki minggu ke-12 (5/05/2019) dengan realisasi progres/bobot pekerjaan sebesar 68.55 persen, melebihi dari rencana target yang sudah ditetapkan yakni sebesar 20.960 persen, sehingga terjadi deviasi/selisih kelebihan sebesar 47.590 persen.

Apabila kondisi tersebut dapat dipertahankan, otomatis pekerjaan akan dapat terselesaikan sebelum jadwal ditetapkan.

Namun, Mengingat pekerjaan pembangunan pengamanan pantai Ulakan kab. Padang Pariaman sanggat dipengaruhi oleh faktor cuaca, maka disaat cuaca mendukung (cerah) seyogyanya pelaksanaan pekerjaan dilakukan semaksimal mungkin, pesannya

Diberitahukannya,  Untuk pembangunan pengamanan pantai Ulakan kab. Padang pariaman, menelan dana sebesar Rp3.053.138.771, berasal dari APBN TA. 2019.

Dan sesuai dengan anggaran tersedia, dibangun sebanyak 2 buah cable stone (batu grib), dengan ukuran panjang 50 meter dan lebar 27 meter.

Sementara itu, pelaksana lapangan CV. Andespal Jaya Bersama, Dt. Binuang  saat ditemui di lokasi proyek mengatakan optimis untuk menuntaskan pekerjaan sebelum jadwal ditetapkan.

“Apabila cuaca mendukung, kita optimis dapat menuntaskan pekerjaan sebelum jadwal ditetapkan”.

“Mengedepankan mutu pekerjaan dengan berpedoman kepada petunjuk Kerangka Acuan Kerja (KAK) yang ada,”, paparnya.

 

#Fit

Check Also

Gubernur Sumbar Lantik Walikota dan Wakil Wali Kota Padang Priode 2019-2024

Padang (LN)– Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang masa jabatan 2019-2024 , Mahyeldi Ansharullah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *