Home / ---- / Atasi Kemacetan, Pemkab Tobasa Tertibkan Bangunan Tambahan Ruko

Atasi Kemacetan, Pemkab Tobasa Tertibkan Bangunan Tambahan Ruko

Balige (LN) – Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Pemkab Tobasa), melalui Kadis Koperindag melaksanakan pembongkaran bangunan tambahan dari ruko di Pasar Laguboti, Balige, Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara yang dibuat atau dibangun oleh pemilik ruko, Jumat (31/01/2019).

“Pada hari ini kita tertibkan beberapa bangunan tambahan dari ruko-ruko di Pasar Laguboti untuk keindahan dan kesejukan pasar. Juga untuk mengatasi kemacetan yang terjadi setiap hari di pasar ini,” kata Kadis Koperindag Tobasa, Parasian Simanjuntak.

Sebagaimana diketahui, karena banyaknya kendaraan yang melewati jalan utama Tobasa yang melewati Pasar Laguboti, maka selalu terjadi kemacetan di daerah ini, terutama pada setiap hari Senin. Hal itu menyebabkan arus lalu-lintas terganggu. Penambahan bangunan di bagian depan rumah toko menambah sempit areal jalan.

Penertiban ini juga adalah untuk pembenahan para pedagang yang selama ini berjualan di pinggir jalan lintas untuk dapat berdangan di dalam pasar. “Di samping penataan para pedagang, juga bertujuan untuk menata perparkiran kendaraan di Pasar Laguboti untuk menambah PAD Tobasa melalui retribusi parker,” imbuh Kadis Koperindag.

Penataan Pasar Laguboti merupakan pilot proyek atau contoh untuk pasar di Toba Samosir dan akan dilanjutkan ke pasar lainnya. “Penataan seperti ini akan kita lanjutkan ke pasar-pasar lainnya di seluruh wilayah Tobasa,” pungkas Kadis Koperindang saat dikonfirmasi wartawan PPWI Tobasa.

Pembenahan ini dilakukan dari mulai pagi dini hari sampai tengah malam di bawah pengawasan aparat keamanan. Kapolsek Laguboti, AKP Bazoka Sianturi beserta anggota, Danramil Kecamatan Laguboti, Camat Laguboti, Kepala Satpol PP dan unsur pemerintah lain terlihat hadir di lapangan saat pembongkaran bangunan yang ditertibkan.

Melalui penataan ini, kedepannya diharapkan Pasar Laguboti akan semakin tertata lebih baik dan masyarakat umum merasa nyaman bertransaksi di pasar Laguboti. (AH, MS / Red)

Check Also

HUT IKW Ke-4 Tahun, Wako Padang Mahyeldi Didaulat Sebagai “Dewan Pembina Istimewa”

Padang (LN)—Walikota Padang hadiri HUT Ikatan keluarga Wartawan (IKW) ke-4 tahun, bertempat di water park …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *