Home / ---- / ATR-BPN Kota Padang Targetkan PTSL 20.000 Bidang Sertefikat Tanah di Kec. Bungus dan Lubeg

ATR-BPN Kota Padang Targetkan PTSL 20.000 Bidang Sertefikat Tanah di Kec. Bungus dan Lubeg

PADANG (LN)–Program nasional Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional yakni Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) sudah dimulai dipelaksanaanya di Kota Padang. 

Untuk program PTSL ini, Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) Kota Padang menargetkan bisa mengeluarkan sebanyak 20.000 bidang sertefikat tanah.

Kepala kantor ATR-BPN Kota Padang Z. Zahirullah saat dijumpai media ini Selasa (27/9) di ruang kerjanya mengatakan, Kota Padang mendapatkan kuota PTSL sebanyak 20.000 bidang sertefikat tanah, dibagi di dua kecamatan yaitu Bungus dan Lubuk Begalung (Lubeg) yang masing-masing kecamatan mendapatkan 10.000 bidang sertefikat tanah.

Dari jumlah yang ditargetkan itu, hingga sekarang sudah terselesaikan sebanyak 1.500 bidang tanah yang sudah diukur. Dan diperkirakan pada Oktober mendatang sudah ada sertefikat yang diterbitkan.

Diterangkannya, Untuk pengukuran dilakukan oleh pihak ketiga yang penunjukannya melalui proses lelang ULP Kementrian ATR-BPN RI. 

Sebelumnya, Sosialisasi program PTSL ini sudah dilakukan oleh pihak ATR-BPN Padang bersama Pemko Padang pada Juli 2017 lalu, 

Masyarakat cukup membuat surat pernyataan diatas kertas bermatrai yang diketahui oleh 2 orang saksi. Proses pengurusan hanya memakan waktu sekitar 17 hari kerja, diantaranya 14 hari untuk proses penerbitan sertefikat ditambah 3 hari untuk penerbitannya.

Dijelaskannya, Program PTSL memiliki empat katagori sasaran yakni pembuatan sertefikat, mengetahui tanah kondisi bermasalah, alas hak/badan hukum serta mendata kembali tanah yang sudah terbit sertefikat, terang Zahirullah. 

#Ln/fit

Check Also

Dandim 0312/Padang Tanam pohon di Pesantren Modern Terpadu Prof. Dr. Hamka By pass Padang.

Padang (LN)–Kodim 0312/Padang. Menanam pohon itu mudah, yang sulit adalah bagaimana kita menjaga dan merawatnya. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *