Home / ---- / Atraksi Budaya di Museum Aditiyawarman “Pukau Pengunjung”

Atraksi Budaya di Museum Aditiyawarman “Pukau Pengunjung”

PADANG (LN)–Sekitar 90 orang siswa pelajar berasal dari berbagai sekolah di Kota Payakumbuh menyajikan pertunjukan tari, nyanyi, drama dan sebagainya sempat memukau pengunjung museum Aditiyawarman Sumbar pada acara atraksi budaya, bertempat di Museum Aditiyawarman Provinsi Sumbar, Minggu (1/5).

“Atraksi budaya ini mengangkat berbagai cerita dari daerah Payakumbuh, sehingga masyarakat khususnya pengunjung Museum Aditiyawarman mengetahui akan seni budaya yang ada di daerah Sumbar “, kata Kepala UPT. Museum Aditiyawarman Sumbar, Noviyanty kepada media, Minggu (1/5).

Melalui pertunjukan ini, tentunya dapat menghibur para pengunjung yang datang ke museum. Namun selain itu, kegiatan ini sebagai edukasi kepada anak yang memiliki talenta di bidang seni.

Dalam hal ini, Museum Aditiyawarman Sumbar melalui programnya ikut serta mendukung dengan memfasilitasi sanggar seni dan sekolah-sekolah demi mewujudkan kreatifitas tersebut.

Sebagaimana menjadi komitmen, bahwa Museum memiliki peranan untuk melestarikan budaya, publikasi dan mendokumentasikan seni dan budaya, jelas Noviyanty yang lebih akrab di sapa Bundo ini.

Dan selanjutnya, pihaknya akan menyurati kab/kota lainnya, meminta untuk bisa melakukan atraksi budaya di museum Aditiyawarman ini.

sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga, Bidang Kebudayaan, Nirdawati mengatakan “Kegiatan ini merupakan lanjutan, karena sebelumnya kita sudah melakuan seleksi terhadap sekolah dan sanggar di Kota Payakumbuh. Bagi pemenang lalu dilanjutkan ke tingkat provinsi

Sambungnya, Adapun sekolah yang lolos seleksi di ikutkan pada kegiatan ini, yakni SD21, MTsN Koto Nan Ampek, SMP2, SMP1, SMP9, SMK1, SD islam Raidatuljannah dengan jumlah 90 orang.

Dalam Atraksi budaya yang berlansung selama 3jam, mempertunjukan berbagai kesenian yang ada di Payakumbuh.

Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olah raga Payakumbuh selalu memberikan motivasi kepada sekolah dan sanggar yang ada. Bahkan sekolah yang memiliki seni menarik, akan diangkat dalam pada setiap event tertentu, seperti kegiatan saat ini, jelas Nirdawati. (fit)

Check Also

Politik Nawacita Jokowi, Gotong Royong Politik

Penulis : Muhammad Rafik Perkasa Alam Ketua Umum DPP Aliansi Masyarakat Untuk Nawacita (ALMAUN) Memasuki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *