Home / ---- / Bank Nagari Dukung Gerakan NES Kec. X Koto, Kab. Tanah Datar

Bank Nagari Dukung Gerakan NES Kec. X Koto, Kab. Tanah Datar

PADANG (LN)–Bank Nagari bersama Otoritas Jasa keuangan (OJK), Pemprov Sumbar dan Pemkab Tanah Datar berencana meluncurkan Gerakan Nagari Elok Sejahtera (NES) pada bulan Mei 2017 mendatang.

Dan sebagai daerah percontohan (pilot project) untuk Gerakan NES ini, ditunjuk Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar.

Sebelumnya, pada 24 Maret 2017 lalu Menteri Koordinator Perekonomian RI Darmin Nasution bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno secara resmi sudah melakukan peluncuran Gerakan NES di Lembah Arau, Kab. Limapuluh kota 

Jadi Gerakan NES yang dilakukan merupakan tindak lanjuti dari peluncuran aksi pangan OJK

Sebagaimana dipaparkan Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari, Hendri, “Sebagai salah satu bentuk kontribusi Bank Nagari yakni ikut membantu mempercepat, memperluas dan meningkatkan akselerasi, sinergi dan inklusi keuangan pada kawasan yang dapat dijadikan unggulan.

Yangmana Nagari sebagai basis usaha mikro kecil, terutama berkaitan dengan aksi pangan, ekonomi kreatif dan agro-ekowisata,”

Sambungnya, Dalam gerakan NES ini, Bank Nagari akan bersinergi dengan pemda, OJK, Minangkabau Business School-Entrepreneur Center (MBS-EC), dan mitra usaha Bank Nagari, seperti perusahaan asuransi/penjaminan. “Sinergi ini nantinya akan mencoba mewujudkan skema rantai nilai dalam pengembangan usaha atau kegiatan yang berkaitan dengan aksi pangan, ekonomi kreatif agro-ekowisata”.

Terdapat banyak kegiatan yang akan dilakukan pada peluncuran NES ini. Dengan sasaran masyarakat semakin terakses dengan kegiatan yang berkaitan dengan edukasi dan literasi keuangan.

“Peluncuran gerakan NES direncanakan dalam bulan Mei 2017. Diharapkan akan dihadiri dan diresmikan Ketua Dewan Komisioner OJK, Gubernur Sumbar, Bupati Tanah Datar, Kepala OJK Provinsi Sumbar, Direksi Bank Nagari dan pejabat dari instansi mitra terkait lainnya,” ujar Hendri.

Hendri mengharapkan output dari aksi NES ini, yakni ketahanan pangan, pengembangan ekonomi kreatif, pengembangan agro-ekowisata dan perluasan literasi keuangan.

“Hasil akhirnya berujung kepada kesejahteraan masyarakat dan ketahanan pangan,” sebutnya.

Hendri juga mengatakan alasan dipilihnya Kecamatan X Koto, dikarenakan kecamatan tersebut salah satu sentra dan pengembangan tanaman organik, potensi agrowisata tanaman organik dengan landscape yang indah dan udara yang sejuk.

Kemudian, mempunyai berbagai industri kecil dan kerajinan tangan sebagai ekonomi kreatif, kaya akan budaya dan khas keramahan Ranah Minang.”Kaya aneka makanan khas dan kuliner dan ekonomi skala UMKM bergerak dinamis dan menyentuh sendi-sendi kehidupan masyarakat,”ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengapresiasi Bank Nagari atas rencana kegiatan tersebut. dia juga menyambut baik dipilihnya Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar sebagai pilot project pertama NES ini.

“saya mengharapkan kegiatan tersebut dipersiapkan dengan matang agar minat dan sambutan masyarakat antusias. Output dari kegiatan ini pun dapat berjalan secara berkelanjutan,” harap Irdinnsyah Tarmizi. (*)

Check Also

Salah Seorang Terduga Teroris Pembakaran Mako Polres Dharmasraya Merupakan Anak Polisi Polres Muaro Bungo

Dharmasraya—Salah seorang terduga teroris, pembakaran Mako Polres Dharmaaraya yang tewas ditembak Eka Fitra Akbar merupakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *