Home / ---- / Batik Bermotif Bengkoang Merupakan Ikon dan Landmark Kota Padang

Batik Bermotif Bengkoang Merupakan Ikon dan Landmark Kota Padang

Padang merupakan ibukota dan kota terbesar di Provinsi Sumatera Barat. Scbagai ibukota Provinsi tentunya Padang menjadi rujukan, pedoman dan panutan berbagai kota dan kabupaten lainnya dalam mengambil kebijakan diberbagai bidang.

Banyak kemajuan dan pencapaian yang telah dicapai kota Padang tentunya memacu, memotivasi dan mcmbangkitkan gairah daerah lain untuk terus berinovasi dalam melakukan pelayanan membaik bagi masyarakatnya.

Baca juga berita terkait lainnya, klik disini

Salah satu hal yang telah dilakukan Kota Padang adalah mengenalkan dan memproduksi Batik bermotif Bengkoang. Bengkoang merupakan ikon dan landmark Kota Padang sejak dahulunya. Setiap wisatawan yang pernah berkunjung kc Padang pasti membawa buah tangan berupa Bengkoang.

Tenumya hal ini membawa keuntungan ekonomi tersendiri bagi banyak masyarakat. Namun itu romantisme masa lalu dimana Bengkoang mengalami masa kejayaan dan identik dengan Kota Padang. Saat ini image tersebut telah mulai terkikis karena Bengkoang tidak jadi primadona lagi di Padang.

Untuk membangkitkan dan mencitrakan Bengkoang identik dengan Padang, maka Pemerintah Kota Padang meluncurkan motif Batik Bengkoang.

Motif Bengkoang ini merupakan salah satu unggulan Pemko Padang dalam mempromosikan batik sebagai salah satu warisan dunia. Sebelumnya pada 2 Oktober 2009, UNESCO badan PBB yang mengurusi masalah pendidikan dan kebudayaan telah menetapkan Batik sebagai warisan dunia dari Indonesia.

Hal ini patut disyukuri oleh masyarakat Indonesia sehingga Batik makin mendunia dan dikenal luas oleh berbagai kalangan masyarakat. Pemko Padang sebagai stakeholder turut berkontribusi dalam pelestarian batik tersebut dengan membuat Batik bermotifkan Bengkoang sebagai salah satu produk unggulannya yang punya daya jual dan nilai saing yang tinggi.

Pemerintah Kota padang telah menyediakan 19 Galeri Kabupaten/Kota yang berlokasi di Blok 3 Lantai 3 Pasar Raya Padang. Galeri tersebut berfungsi sebagai sarana promosi berbagai produk unggulan daerah sehingga para investor dan masyarakat bisa mengetahui apa yang ditawarkan dan produk unggulan dari masing-masing daerah. Batik

Bengkoang telah merambah ke mancanegara , khususnya Vietnam. Dimana pemerintah Kota Padang telah menjalin kerjasama dan membuka galeri di Ba Ria Vung Tau. Sebaliknya Pemerintah Kota Ba Ria Vung Tau juga telah membuka Galeri di BloK 3 lantai 3 Pasar Raya Padang.

Diharapkan sinergitas dan kemitraan yang telah dijalin oleh 2 pemerintah ini bisa menguntungkan ke dua belah pihak dan makin meluaskan promosi motif berbatik Bengkoang di Vietnam. Karena kita ketahui Vietnam merupakan pasar yang potensial untuk menjual dan mempromosikan produk.

Dalam meningkatkan nilai tambah dan memperkenalkan Bengkoang bukanlah hanya tugas pemerintah tetapi juga masyarakat. Ketika pemerintah telah mempromosikan Bengkoang sebagai maskot kota Padang, masyarakat tentunya juga hams mendukung dengan melakukan pengolahan dan pengembangan nilai tambah dari Bengkoang tersebut. Tidak hanya sampai disana, masyarakat tentu hams juga ikut mengkonsumsi Bengkoang segar ataupun hasil olahan yang menunjukkan kebanggaan dan usaha promosi terbadap produk daemh sendiri.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan minat pengunjung kota Padang terhadap buah Bengkoang serta menjadikan Bengkoang tidak hanya sebagai simbol di perbatasan kota Padang.

 

Dibuat oleh : Arliswandi

Kepala Bidang Bina Usaha (Binus) Dinas Perdagangan Kota Padang

Check Also

Penutupan Giat Florikultura 2019, Wawako Padang : Padang Siap Songsong PENAS Tani 2020

Padang (LN)—Acara Giat Florikultura Indonesia 2019, akhirnya secara resmi ditutup oleh wakil walikota Padang, Minggu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *