Home / ---- / BPBD-PK Kota Padang Bangun Sheet pile di SD 01 Pasar Laban, Antisipsi Terjadinya Gerusan Air

BPBD-PK Kota Padang Bangun Sheet pile di SD 01 Pasar Laban, Antisipsi Terjadinya Gerusan Air

PADANG (LN)—Bencana alam yang kerap kali melanda kota Padang dalam 2 tahun terakhir berdampak terhadap kerusakan berbagai sarana dan prasarana (sapras) yang ada. Seperti kejadian bencana beberapa bulan lalu, menyebabkan kerusakan berat pada beberapa unit jembatan, alur sungai dan lahan tergerus oleh aliran banjir, di Kelurahan  Bungus Selatan Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang.

Kasus menonjol, gerusan tebing sungai di Pasa Laban sehingga rusaknya abutment jembatan serta hanyutnya sebagian halaman sekolah SDN No.1 beserta  lapangan bola kaki di lokasi tersebut.

Hal ini disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kota Padang, Rudy Rinaldy kepada www.laksusnews.com di Padang

Lebih jauh Rudy menjelaskan, Untuk membenahi kerusakan akibat bencana alam tersebut, diperlukan penanganan secepatnya dengan konsekwensi pendanaan yang sangat besar.

Mengingat kerusakan tersebut telah mengganggu aktivitas belajar mengajar sekolah SDN No. 01 pasar Laban dan mengakibatkan terisolirnya beberapa KK warga sekitar SD tersebut sehingga diperlukannya bantuan dari BNPB yang dapat mengatasi permasalahan ini.

Seringnya terjadi banjir bandang mengakibatkan tingkat kerusakan semakin parah sehingga diperlukan penanganan yang serius guna menghindari kerugian yang semakin besar, maka dengan ini diperlukan membangun dinding penahan tanah agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal.

Untuk itu, perlu dibuatkannya Konstruksi Penahan Tanah (sheet pile) sebagai konstruksi Penahan Tanah yang kuat dan handal apabila terjadi hujan yang cukup lebat pada daerah yang rawan banjir di sekitar lokasi SD 01 Pasar Laban kecamatan Bungus Teluk kabung.

Dijelaskannya, kegiatan Konstruksi Penahan Tanah (sheet pile)  lokasi SD 01 Pasar Laban kecamatan bungus teluk kabung akan dilaksanakan pada tahun sekarang (red, 2016), dengan pagu anggaran sebesar Rp. 3.479.150.000 dari DPA-SKPD Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD PK) Kota Padang.

Dengan adanya kontruksi Penahan Tanah (sheet pile) tentunya dapat menciptakan suasana aman dan nyaman sekaligus mengantisipsi gerusan air pada lapangan bola kaki di depan SD 01 Pasar Laban  akibat banjir yang sering terjadi, jelas Rudy. (*)

Check Also

Kendaraan Berstiker Khusus untuk Penumpang NON MUDIK LEBARAN 

Padang (LN)—Kementerian Perhubungan menerbitkan stiker khusus bagi bus yang akan tetap beroperasi selama masa peniadaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *