Home / BERITA TERBARU / BPBD-PK Padang Duga Ada Kesengajaan Pembakaran Lahan

BPBD-PK Padang Duga Ada Kesengajaan Pembakaran Lahan

kebakaran-hutan-560b6d72d37a613506b9b09f

Kota Padang, LN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kota Padang, Sumatera Barat, menduga adanya unsur kesengajaan dalam kebakaran lahan yang terjadi pada Rabu.

“Kami menduga ada unsur kesengajaan dalam penyebab kebakaran itu, hal itu dari beberapa indikasi dan temuan kami di lapangan,” kata Kepala Pelaksana BPBD-PK setempat, Dedi Henidal di Padang, Rabu.
Beberapa yang ditemukan, katanya, adalah kaleng bensin serta ban bekas di lokasi kebakaran di Bukit Bulek, Kecamatan Kuranji.
Hanya saja, untuk pemrosesan selanjutnya pihaknya menyerahkan kepada penegak hukum.
“Itu di luar kewenangan kami, biar penegak hukum yang bekerja. Kecuali nanti kami dimintai bantuan,” katanya.
Temuan di lokasi kejadian itu, katanya, juga telah diserahkan pihaknya kepada pihak kepolisian yang ikut turun ke lapangan.
Meskipun demikian, ia mengimbau kepada warga agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar.
“Tidak dibolehkan melakukan pembakaran, Pemkot Padang serta kepolisian juga telah berkomitmen untuk tidak membenarkan kejadian itu,” jelasnya.
Sementara Kepala Kepolisian Resor Kota Padang Kombes Pol Wisnu Andayana, mengatakaan bahwa pihaknya masih menyelidiki kejadian itu.
“Kami masih menyelidiki, apakah ada unsur kesengajaan yang menjadi penyebab kebakaran, dan lain-lain. Tunggu saja,” pintanya.
Ia juga mengatakan Polresta Padang juga akan menurunkan tim untuk melakukan penyelidikan ke lapangan.
Untuk pencegahan selanjutnya pihak kepolisian akan berupaya salah satunya memberdayakan Babinkamtibmas yang berada di tiap kelurahan untuk melakukan pemantauan.
“Kami juga mengimbau agar tidak membakar ketika membuka lahan, karena dapat mengakibatkan kebakaran lahan yang lebih luas, serta menimbulkan asap tebal yang mengganggu masyarakat,” katanya.
Ia menegaskan pihaknya tidak akan tolerir, dan akan mengenakan sanksi pidana bagi pelaku yang terbukti melakukan pembakaran. (*/antarasumbar)

Check Also

Jalin Tali Kasih, IKW RI Kerjasama Humas Polda Sumbar Salurkan Bantuan Sembako

Padang (LN)– Ikatan Keluarga Wartawan (IKW-RI) Sumbar Bekerja sama dengan Humas Polda Sumbar dan Humas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *