Home / ---- / BPBD-PK Padang Lakukan Terobosan, Asuransi Kebakaran Rumah Jaminan Kenyamanan Warga

BPBD-PK Padang Lakukan Terobosan, Asuransi Kebakaran Rumah Jaminan Kenyamanan Warga

PADANG (LN)—Pemerintah Kota Padang, melalui Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kota Padang, akan melakukan terobosan yaitu seluruh rumah di Kota Padang akan di asuransikan.

“Terobosan ini sengaja di lahirkan dalam upaya memberikan kenyamanan dan keamanan masyarakat pemilik rumah di kota Padang ketika ditimpa musibah kebakaran.

Pemilik rumah korban musibah kebakaran tidak lagi susah mencari bantuan untuk membangun rumahnya kembali karena semua sudah ditanggung oleh asuransi” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kota Padang, Rudy Rinaldi, di Kantornya, Senin (27/9/2016)

Menurutnya, “Berdasarkan data yang dimilikinya, jumlah rumah di Kota Padang sudah mencapai 167 ribu buah rumah. Apabila semua rumah tersebut diasuransikan dengan premi sebesar  Rp5.000 per-bulan, tentunya bisa mengurangi kesedihan masyarakat yang tertimpa musibah kebakaran.

”Apabila dilihat kondisi masyarakat yang tertimpa musibah rumah terbakar, maka akan timbul rasa kasihan dan iba. Sementara bantuan yang datang hanya bersifat insidentil dan terbatas, seperti sembako, pakaian, tenda dan lainnya.

Untuk mencarikan solusi terhadap persoalan itu, maka dipandang perlu dibuatkannya asuransi kebakaran rumah, kata Rudy.

Kemudian, ucap Rudy lagi, “Sekarang tengah disiapkan dasar hukum yang akan digunakan, apakah melalui Perda, Perwako atau lainnya agar program asuransi kebakaran rumah dapat terwujudkan.

Secara teknis, Program ini masih dalam tahap pembahasan serta  perencanaan. Sistim apa yang akan diterapkan nantinya, apakah penarikan premi asuransi dapat dilakukan bersamaan dengan pembayaran tagihan listrik/PDAM per-bulannya. Semua itu butuh pertimbangan yang matang, jelas Rudy.

(Chan/fit)

Check Also

Wagub Sumbar Tinjau Kesiapan RSAM Bukittinggi dalam Penanganan Covid-19

Bukittinggi (LN)—Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit meninjau kesiapan sarana dan prasarana Rumah Sakit Ahmad Muchtar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *