Home / ---- / Bupati Agam, H. Indra Catri Berharap Nagari Dalko Menjadi Lokomotif untuk Nagari Definitif

Bupati Agam, H. Indra Catri Berharap Nagari Dalko Menjadi Lokomotif untuk Nagari Definitif

Agam (PN)-Masyarakat Tanjung Sani menyambut baik pemekaran nagari itu menjadi Nagari Dalko. Hal itu terlihat dari tingginya animo masyarakat saat pelantikan Pj. Walinagari Persiapan Nagari Dalko, Aswirman, yang dilakukan langsung oleh Bupati Agam H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, Rabu (3/1).

Menariknya, pada resepsi pelantikan Pj. wali nagari tersebut, para rombongan disambut dengan talenta silek, yang dimainkan oleh anak nagari, dan diarak dengan tambua tansa menuju lokasi pelantikan. Kemudian usai pelantikan dilanjutkan dengan peresmian Kantor Nagari Dalko sementara.

Turut hadir pada pelantikan Pj. Wali Nagari tersebut seluruh Kepala OPD d ilingkungan Pemkab Agam, Camat Tanjung Raya Handria Asmi, tokoh masyarakat Nagari Tanjung Sani, baik yang dirantau maupun di kampung.
Selain itu juga hadir Muspika Kecamatan Tanjung Raya, Wali Nagari dan Ketua Bamus Salingka Danau Maninjau.

Tokoh masyarakat Nagari Dalko, Kecamatan Raya, Z. Mangkuto Sati, berharap berdirinya Nagari Persiapan Dalko merupakan wujud dari persatuan dan kesatuan masyarakat di Tanjung Sani, yang berada di kampung maupun dirantau.

“Kami berharap nagari secepatnya di definitifkan. Untuk itu , mari kita satukan tekad dan langkah untuk mewujudkannya,” katanya dengan penuh semangat, saat memberikan sambutan.

Bupati Agam usai melantik Pj. Wali Nagari persiapan Nagari Dalko, Kecamatan Tanjung Raya mengatakan, dengan dilantiknya wali nagari persiapan tersebut diharapkan mampu menjadi lokomotif untuk mempersiapkan nagari definitif.

Selain itu, wali nagari persiapan harus mengemban seluruh stakeholder yang ada di nagari mapun di rantau untuk melakukan langkah-langkah cepat, karena waktu mempersiapkan nagari definitif maksimal 1 tahun.

Wali Nagari Persiapan memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat. Salah satunya adalah mempersiapkan lokasi kantor wali nagari definitif. Di samping itu menentukan secara admnistratif batas-batas nagari, serta melengkapi administrasi pemerintahan nagari.

“Tiga tugas utama untuk menjadikan nagari definitif tersebut itu tidak terlepas dari peran serta masyarakat Dalko Tanjung Raya” tegas bupati.

Pekerjaan itu harus dilakukan dari awal, sehingga program dan tujuan dari masyarakat Nagari Dalko mampu menjadi yang terdepan, atau yang tercepat dalam menyelasaikan semua administrasi.

Harapan dan impian masyarakat Nagari Dalko Tanjung Raya sekarang sudah hampir menjadi kenyataan. Untuk itu diharapkan seluruh stakeholder yang ada di Nagari Persiapan Dalko Tanjung Raya mampu merajut kerjasama yang baik untuk menjadikan Nagari Dalko Tanjung Raya ini menjadi nagari difinitif. (IF/AMC)

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *