Home / ---- / Bupati Agam Indra Catri Resmikan IPAL di Nagari Pakan Sinayan

Bupati Agam Indra Catri Resmikan IPAL di Nagari Pakan Sinayan

Agam (LN)– Bupati Agam, H. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal Program Sistem Layanan Air Limbah Komunal Berbasis Masyarakat (Sanimas) tahun anggaran 2017, di Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Rabu (28/2).

IPAL yang diresmikan sebanyak enam titik, ditandai dengan penandatanganan prasasti, di dampingi Camat Banuhampu Afdhal, S.Sos, wali nagari se Banuhampu, dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, bupati mengatakan, Sanimas merupakan salah satu program pembangunan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPU-PR), untuk mengatasi permasalahan sanitasi berdasarkan kebutuhan, dan perencanaan masyarakat.

Dibangunnya IPAL Komunal Sanimas, agar kepedulian masyarakat semakin meningkat terhadap bahaya air limbah rumah tangga, jika tidak dikelola dengan baik.

“Sehingga, diharapkan ke depan mampu menciptakan, dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, baik secara individu maupun kelompok,” ujar bupati berharap.

Dikatakan bupati, Program Sanimas mulai dijalankan sejak tahun 2014, dan sampai tahun 2017 sudah dibangun 10 titik lokasi IPAL Komunal di Agam, seperti di Nagari Cingkariang, Kubang Putiah, Pakan Sinayan, dan Padang Lua.

“Secara nyata, program itu sudah melayani 440 sambungan rumah, atau sebanyak 2.114 jiwa,” ujarnya.

Program pembangunan IPAL Komunal merupakan program yang berkelanjutan, untuk tahun 2018 akan dibangun 12 titik IPAL, yang tersebar di Kecamatan Banuhampu, dan 2019 Pemkab Agam berharap mampu membangun 21 titik lagi.

Lebih lanjut, dalam konteks kepedulian, bupati mengimbau seluruh masyarakat, agar menunjukkan kepedulian dalam semua aspek sosial kemasyarakatan. Tunjukkan bahwa masyarakat Agam mempunyai social concerns dan social participations yang tinggi di tengah kehidupan masyarakat.

Menurut Ketua Tim RPMC Yurnalis, bahwa IPAL tersebut sangat bermanfaat bagi  semua kalangan, dan masyarakat diajak untuk bersama-sama menjaga, merawat dan memanfaatkannya dengan baik.

“Dengan dibangunnya IPAL Komunal Sanimas itu, diharapkan limbah terkelola dengan baik, sehingga masyarakat terhindar dari berbagai penyakit,” ujarnya berharap.

Dikatakannya, tahun depan pihaknya akan menganggarkan lagi, dan diharapkan lebih banyak lagi titik lokasi yang akan dibangun IPAL Komunal Sanimas. (Tam/HR/AMC)

Check Also

Ketua DPR Minta Polri Tindak Tegas Akun Penyebar Hoaks

JAKARTA.LN- – Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Badan Pengawas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *