Home / ---- / Bupati Agam Sosialisasikan Bansos Rastra dan BPNT

Bupati Agam Sosialisasikan Bansos Rastra dan BPNT

Agam (PN)-Program bantuan pangan berupa subsidi beras untuk Rakyat Sejahtera (Rastra) pada 2017 akan berubah menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Beras untuk Rakyat Sejahtera (Bansos Rastra). Perubahan ini mulai disosialisasikan oleh Pemerintah Kabupaten Agam kepada masyarakat.

Bupati Agam Indra Catri, Dt. Malako Nan Putiah, saat membuka acara sosialisasi Bansos Rastra dan BPNT, Kamis (25/1) di Kecamatan Matur mengatakan, program bantuan pangan secara nontunai bertujuan untuk meningkatkan ketepatan kelompok sasaran.

“Saya berharap, bantuan pangan nontunai dapat mendorong usaha eceran masyarakat, memberikan akses jasa keuangan kepada masyarakat kurang mampu, dan mengefektifkan anggaran.

Dalam jangka panjang, penyaluran bantuan pangan secara nontunai diharapkan berdampak bagi peningkatan kesejahteraan dan kemampuan ekonomi penerima manfaat,” kata bupati dua periode itu.

Ia menerangkan, untuk Kabupaten Agam jumlah penerima BPNT sebanyak 23.612 KK yang dimulai sejak alokasi Januari 2018.

Dalam penyaluran bantuan ini, persiapan yang dilakukan Pemkab Agam dimulai Sosialisasi BPNT dan Pembentukan Tim Koordinasi tingkat kabupaten. Saat ini, penyaluran BPNT di Kabupaten Agam telah disiapkan pendamping.

Mereka terdiri dari satu orang Koordinator Tenaga Kerja Sosial (TKS), serta Koordinator Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK). Selain itu, ada satu orang Koordinator Program PKH serta pendamping program PKN, dan dua pendamping dari aparatur nagari.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Kurniawan Syahputra, juga menjelaskan perbedaan Rastra dengan Bansos Rastra dan BPNT. Rastra, mendapatkan 15 kilogram beras dengan biaya tebus sebesar Rp24 ribu rupiah.

“Sedangkan untuk Bansos Rastra masyarakat mendapatkan 10 kilogram tanpa biaya tebus yang dimulai pada bulan Januari s/d Juni 2018, dan untuk BPNT masyarakat mendapat bantuan nontunai Rp110 ribu perbulan untuk membeli bantuan pangan di pedagang bahan pangan (e-warung) yang ada disetiap nagari yang bekerjasama dengan bank penyalur. BPNT ini berlaku pada Juli s/d Desember 2018,” kata Kurniawan.

Adapun komoditas yang bisa dibeli diantaranya beras dan telur. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat memilih jumlah, harga dan kualitas di E-Warung tersebut. (IF/AMC)

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *