Home / ---- / Bupati Buka O2SN Tingkat Kab. Agam, Tananamkan Nilai Pendidikan Karakter

Bupati Buka O2SN Tingkat Kab. Agam, Tananamkan Nilai Pendidikan Karakter

Padang (LN)–Bupati Agam, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Agam, Martias Wanto Dt Maruhun mengatakan, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Agam menjadi kegiatan wajib, dan terintegrasi ke dalam mata pelajaran untuk menanamkan nilai pendidikan karakter.

“Kegiatan olahraga pelajar ini sebagai pembuktian hasil latihan di club sekolah, dan dilanjutkan penyeleksian tingkat kecamatan,” ujar Martias Wanto saat membuka O2SN SD/MI tingkat Kabupaten Agam, di Kecamatan Lubuk Basung, Sabtu (30/3).

Utusan kecamatan itu nantinya akan menjadi duta olahraga di Kabupaten Agam, yang akan mewakili daerah ke tingkat Provinsi Sumatera Barat pada April 2018 di Kota Padang.

“Mudah-mudahan duta olahraga Agam mampu memperkuat kontingen Sumatera Barat di O2SN tingkat Nasional di Jogjakarta pada September 2018 mendatang,” ujarnya berharap.

Ia menyebutkan, pada O2SN tahun 2017 pelajar Agam berlaga di O2SN Nasional di Medan, yang diwakili Adrean Jamil dari Kecamatan Ampek Nagari di cabang Pencak Silat.

Menurutnya, ini akan menjadi penyemangat bagi pelajar untuk meningkatkan prestasi daerah dari berebagai iven, termasuk prestasi di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV di Kota Padang tahun 2016 lalu, yang berada diperingkat III.

“Kita sangat mendorong pengembangan olahraga di Kabupaten Agam, secara bertahap sarana olahraga terus dibangun, dan menganggarkan dana untuk pembinaan olahraga secara proporsional dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” ujarnya pula.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana O2SN Melki Efendi mengatakan, kegiatan itu digelar mulai 30 Maret sampai 1 April 2018, dengan jumlah atlet 192 orang dari 16 kontingen, 96 putra dan 96 putri, yang akan mengikuti enam cabang olahraga.

“Cabang olahraga itu seperti atletik, bulutangkis, renang, karate, pencak silat dan senam,” ujarnya.

Ia menyebutkan, hadiah yang disediakan juara I medali emas, juara II perak, dan juara III perunggu, ditambah piagam penghargaan dari Dinas Pariwista Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, serta tropi bergilir Bupati Agam bagi kontingen peraih medali terbanyak.

“Tahun 2017 kontingen Kecamatan Ampek Angkek berhasil merebut juara umum, tahun ini diharapkan kontingen lain mampu merebut tropi bergilir itu dari sang juara sebelumnya,” ujarnya berharap.

Pembukaan O2SN ditandai dengan pemukulan tambua dilakukan Sekda Agam Martias Wanto, Asisten I Setda Agam Isman Imran, Kepala Disparpora Agam Jetson, dan Kepala Disdikbud Agam Isra.

(sumber : AMC)

 

Check Also

Sidangan Lanjutan Ismail Novendra, Saksi Ahli Dewan Pers : Wartawan Belum UKW Tetap Diakui Sebagai Wartawan

Padang (LN)—Kasus dugaan pencemaran nama baik yang dituduhkan pada Pemimpin Umum dan penanggungjawab Koran Jejak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *