Home / ---- / Bupati Sutan Riska Buka Rakor KPU, Sosialisasi Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kab. Dharmasraya Pemilu 2019

Bupati Sutan Riska Buka Rakor KPU, Sosialisasi Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kab. Dharmasraya Pemilu 2019

DHARMASRAYA,(LN)-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dharmasraya Gelar Rapat Koordinasi terkait Daerah Pemilihan berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 7 tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019 dan surat dari KPU Provinsi Sumatera Barat No.258/PL 03.3-SD/13/Prov/XI/2017 tanggal 07 November 2017.

Rapat Koordinasi yang dibuka oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan ini digelar di Aula Hotel Jakarta Pulau Punjung,Kamis 23/11/2017,dalam rangka Sosialisasi Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya Pemilu 2019 dengan Pemerintahan Daerah,Pimpinan DPRD,Panwaslu dan Instansi Vertikal Kabupaten Dharmasraya.

Menurut panitia pelaksana Rakor KPU Kabupaten Dharmasraya ini bahwa Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) mengacu pada data agregat kependudukan per kecamatan (DAK 2) yang diserahkan oleh Kementerian Dalam Negeri kepada KPU paling lambat 16 (enam belas) bulan sebelum hari pemungutan suara.(Pasal 201 Ayat 1 huruf a dan Ayat 2 UU No.7 Tahun 2017)

Pada proses penataan Dapil,publik dilibatkan secara langsung melalui mekanisme uji publik terhadap draf usulan Dapil yang disusun oleh Kabupaten/Kota yang mana melibatkan Pemerintahan Daerah,Partai Politik tingkat Kabupaten/Kota,Bawaslu Kabupaten/Kota dan Pemangku kepentingan lainnya.

Adapun ketentuan penataan Dapil yaitu jumlah Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota ditetapkan paling sedikit 20 kursi dan paling banyak 55 kursi.Alokasi kursi setiap Dapil Anggota DPRD Kabupaten/Kota paling sedikit 3 kursi dan paling banyak 12 kursi.

Dalam sambutannya,Bupati Sutan Riska menyampaikan bahwa Pemerintahan Daerah beserta jajaran vertikal lainnya berkomitmen akan memfasilitasi segala sesuatunya demi kelancaran Pemilu nantinya.

“Saya berharap kepada seluruh undangan yang hadir untuk dapat memberikan masukan,ide dan arahan demi suksesnya Pemilu didaerah kita ini,” imbuhnya.

#Dika

Check Also

Pemko Padang Komit Berantas Pungli, Resmikan Posko Saber Pungli untuk Kelancaran Tugas

Padang (LN)—Komitmen pencegahan dan pemberantasan pungutan liar atau dikenal pungli di Kota Padang tidak main-main. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *