Home / ---- / Bupati Tanahdatar Buka Pameran Cagar Budaya, 15 UPT Kebudayaan di Indoneia Ikuti Meramaikan

Bupati Tanahdatar Buka Pameran Cagar Budaya, 15 UPT Kebudayaan di Indoneia Ikuti Meramaikan

TANAHDATAR (LN)–Pameran cagar budaya di bawah koordinir balai pelestarian dan cagar budaya kemendikbud resmi dibuka oleh bupati tanah datar, Rabu (26/10).

Pada acara tersebut, dihadiri Kepala UPT Museum Aditiyawarman Sumbar, Noviyanti, sekda,asisten I,asisten II,asisten III, forkomfimda dan MUI kab Tanah datar Rabu (26/10)

Pameran Cagar Budaya diikuti 15 Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Indonesia. Kebudayaan Kemendikbud sebagai rangkaian kegiatan Festival Pesona Budaya Minangkabau pada 26 sampai 29 Oktober 2016 di Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar.

Bupati Tanah datar Irdinansyah Tarmizi memberikan apresiasi kepada Badai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau yang mengangkat acara khazanah pameran koleksi BPCB, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB), museum dan Balai Arkeolog se-Indonesia.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, “kegiatan ini hendaknya mampu menjadi media informasi pembelajaran dan pengetahuan bagi masyarakat dan peserta didik di Tanah Datar.

“Dengan mengunjungi pameran ini, masyarakat dapat mengerti dan memahami tentang apa itu cagar budaya serta dapat terwujudnya masyarakat yang mencintai cagar budaya,” tuturnya.

Bupati menyebut bila sejarah dan bukti fisik berupa cagar budaya ini dilestarikan serta pengelolaan yang baik sesuai prinsip-prinsip pelestarian yang benar, maka ini merupakan potensi besar untuk meningkatkan identitas, harga diri serta tingkat kesejahteraan masyarakat.

“Ke depan pemerintah daerah melalui program sinergitas antar instansi pengelola kebudayaan akan meningkatkan perhatian dan menjalin kerjasama dalam pelestarian cagar budaya,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPCB Sumbar, Riau, dan Kepri Nurmatias menyampaikan bahwa pameran ini mengangkat tema Kearifan Lokal dalam menyongsong globalisasi.

Ia menyebut berbagai kegiatan ditampilkan dalam pameran ini diantaranya dialog interaktif, pemutaran film bioskop keliling, penampilan kesenian keroncong Minang, Debus, ulu ambek, gamaik, dan gandang tasa.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang memberikan dukungan terselenggaranya rangkaian pameran ini.

Kepala Museum Adityawarman Noviyanti Awaludin menyampaikan bahwa pameran ini merupakan strategi untuk peningkatan jumlah pengunjung, dimana selama September 2016 Museum Adityawarman Sumbar telah mencapai target 100,8 persen.

“Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap cagar budaya seperti program museum masuk sekolah dan lawatan budaya,” katanya.

Sebanyak 15 UPT Kebudayaan Kemendikbud yang mengikuti kegiatan ini diantaranya Balai Arkeolog Medan, Musium Kepresidenan Bogor, BPCB Gorontalo, BPCB Bali, Balai Manusia Purba Sangiran, dan Badan Konservasi Candi Borobudur Jawa Tengah. (*)

Check Also

Ketua DPR Minta Polri Tindak Tegas Akun Penyebar Hoaks

JAKARTA.LN- – Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Badan Pengawas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *