Home / ---- / BWSS V Sumbar Bangun Jaringan Pipa Transmisi Air Baku Penukahan Gadang, Penuhi Kebutuhan Air Baku untuk Rumah tangga, Perkotaan dan Industri

BWSS V Sumbar Bangun Jaringan Pipa Transmisi Air Baku Penukahan Gadang, Penuhi Kebutuhan Air Baku untuk Rumah tangga, Perkotaan dan Industri

Padang (LN)—Kebutuhan air bersih untuk wilayah pelayanan utara dengan cakupan pelayanan Kecamatan Padang Utara, Kecamatan Koto Tangah, Kecamatan Nanggalo dan Kecamatan Kuranji hingga tahun 2036 adalah sebesar 1.113,42 liter/detik.

Pada tahun 2019 cakupan pelayanan eksisting wilayah pelayanan utara masih berkisar di angka 47%.

Dari kondisi lapangan pada tahun 2019 wilayah pelayanan utara masih kekurangan air bersih sebesar 614 liter/detik.

Untuk memenuhi 80% cakupan pelayanan utara pada tahun 2019 dibutuhkan air bersih sebesar 1.052 liter/detik.

Dan pada tahun 2019 ini,  Satker PSPAM Dirjen Cipta Karya sudah merencanakan pelaksanaaan pembangunan IPA II sesuai dengan perjanjian kerjasama antara Dirjen Cipta karya dengan Pemerintah Kota Padang.

Hal itu disampaikan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V Sumbar melalui Satker SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air WS Indragiri-Akuaman, WS Kampar, WS Rokan Provinsi Sumatera Barat, Rainul Penaungan, di Padang.

Disampaikannya, Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku Penukahan Gadang Kota Padang  (Lanjutan/Tahap III) merupakan pekerjaan lanjutan, dimana pada tahap sebelumnya, yakni TA. 2016 dan TA. 2017 baru menyelesaikan pekerjaan bendung dan intake serta jaringan pipa transmisi sepanjang ± 5.400 meter menuju IPA I.

Dan untuk lanjutan pada TA. 2019 yang merupakan pekerjaan lanjutan tahap III yaitu pekerjaan jaringan pipa transmisi sepanjang ± 2100 meter dari total jaringan sepanjang ± 4200 meter menuju IPA II, jelas Rainul.

Lebih jauh dijelaskannya, berdasarkan proyeksi kebutuhan air terhadap proyek ini, jumlah penduduk pada tahun 2019, sebanyak 476.933 jiwa.

Dengan jumlah penduduk yang hendak dilayani pada tahun 2019 : ± 440.000 jiwa dengan Kebutuhan Perkapita rata-rata total: 150 liter/orang/hari.

Dengan adanya kegiatan ini, kedepan dapat terpenuhinya kebutuhan air baku untuk rumah tangga, perkotaan dan industri sebesar 200 liter/detik, harapnya.

Berdasarkan hasil lelang, untuk pekerjaan pembangunan Penyediaan Air Baku Panukahan Gadang Tahap III di Kota Padang, ditunjuk PT. NAMBUR MARLATA dengan harga penawaran Rp5.852.319.000

 

#fit

Check Also

Bonus Atlit Segera Dibagikan, Disparpora Padang Pariaman Alokasikan Dana Rp6,5 Milyar

Padang pariaman (LN)–Atlit kab. Padang pariaman dalam waktu dekat ini dapat bergembira, karena sebentar lagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *