Home / ---- / Dekranasda Sumbar Terus Dorong Daerah Hasilkan Produk Unggulan

Dekranasda Sumbar Terus Dorong Daerah Hasilkan Produk Unggulan

Sumbar (LN)—Dekranasda kabupaten/kota terus dipacu  untuk meningkatkan kualitas kerajinan yang diproduksinya. Sebab seiring dengan masuknya era pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN(MEA) maka produk yang berdaya saing akan mampu bertahan dan bisa bersaing  dengan negara-negara ASEAN.

Ketua Dekranasda Provinsi Sumbar Ny Nevi Irwan Prayitno menyebutkan saat ini Kabupaten/Kota terus didorong untuk menghasilkan satu produk unggulannya.  Hal itu disampaikannya pada saat mengunjungi Dekranasda Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

“Kegiatan ini dalam rangka mengevaluasi serta sosialisasi yang berkaitan dengan kompetensi para pengerajin yang mesti ditingkatkan untuk menghadapi MEA,” sebutnya, Selasa (13/09/2016).

Ia mengharapkan para pengrajin dapat meningkatkan kualitas serta kreatifitas produknya agar  mampu bersaing dalam MEA tersebut. Menurutnya, upaya untuk mendorong hasil produk dekranasda kabupaten/kota untuk bersaing di skala yang lebih besar terus dilakukan dengan pameran kerajinan dan sosialisasi.

“Temu bisnis  akan dilaksanakan di Batam. Disana banyak wisatawan yang asing. Tentunya itu dapat menjadi salah satu langkah kita untuk mengenalkan produk  kerajinan dari Sumbar ini. Nanti satu pengerajin dari masing-masing kabupaten/kota akan mengirimkan untuk membawa satu produk unggulannya,” jelasnya.

Ia mengungkapkan dengan kegiatan temu bisnis  yang bakal dilaksanakan tersebut, akan menjadi pintu gerbang bagi pengerajin Sumbar untuk mengenalkan produknya ke wisatawan mancanegara yang ada di daerah tersebut.

“Kita berharap nanti bisa berdampak terhadap pengembangan usaha yang dilakukan pengerajin di Sumbar, termasuk juga dengan terjalinnya kerjasama dengan pengerajin dari luar Sumbar yang berada di Pulau Batam,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan temu bisnis serupa juga akan dilakukan di Kota Bandung dalam acara Sumbar Exspo di ibukota Provinsi Jawa Barat tersebut. Tidak hanya untuk bertukar pengalaman, namun tentunya diharapkan dapat terjalin kerjasama  untuk memperluas usaha dan meningkatkan kualitas produknya agar dapat bersaing tinggi.

“Pengerajin harus  dapat menampilkan ciri khas dari kerajinan yang dihasilkannya, tentunya juga dengan meningkatkan kreatifitasnya untuk menghasilkan produk yang berkualitas tersebut,”harapnya

Check Also

PSBB Sumbar Diperpanjang Hingga 7 Juni 2020, Hanya Bukittinggi News Normal

Padang (LN)—Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diperpanjang oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat hingga 7 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *