Home / ---- / Deputi BNPB RR, Ir. Rifai MBA : Wali Nagari harus Tau Potensi Bencana Daerah

Deputi BNPB RR, Ir. Rifai MBA : Wali Nagari harus Tau Potensi Bencana Daerah

Padang (LN)—Deputi BNPB Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) BNPB, Ir. Rifai MBA secara resmi membuka acara Bimbingan teknis (Bimtek) hitung cepat pengkajian kebutuhan pasca bencana (JITU PASNA) Sumbar angkatan Ke III, Rabu (13/12) di Padang.

Sebelum memberikan materi tentang management rehabilitasi dan rekonstruksi (RR) pasca bencana, Deputi memberikan apresiasi, atas kegiatan yang diselenggarakan BPBD Sumbar yang sudah membentuk Desa tangguh bencana.

Dikatakan Deputi, “Wali nagari harus betul betul paham dengan kondisi di daerahnya. Mengetahui potensi bencana serta menguasai data yang ada.

Dengan demikian, ketika terjadi bencana dapat menghitung kerusakan secara tepat dan benar serta mengetahui langkah yang akan dilakukan, ucapnya.

Sambungnya, Ada beberapa tahap pasca bencana diantaranya pencegahan, tanggap darurat serta Rehabilitasi dan rekontruksi (RR).

Untuk RR pasca bencana, yang perlu menjadi perhatian yakni azas manfaat dari usulan tersebut. Memprioritaskan pemulihan sosial ekonomi masyarakat dan fasilitas umum yang rusak akibat bencana, ucap Deputi mengingatkan.

Selanjutnya, Deputi juga mengulas pesan yang disampaikan presiden RI Jokowi.

Mari bekerja cepat dan produktif serta tidak melakukan tindakan korupsi, ucapnya.

Sementara itu, Kalaksa Erman Rahman mengatakan, Bimtek JITU PASNAS meruakan angkatan Ke III, diikuti peserta dari Sekretaris nagari serta Srikandi Tangguh bencana Sumbar.

Disampaikannya, Maksud dan tujuan kegiatan Bimtek ini, dalam rangka memberikan gambaran secara jelas apsca bencana guna mendukung serta membantu pemerintah dalam melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi (RR).

Menyamakan persepsi dalam mengambil kebijakan yang tepat dan benar, papar Kalaksa.

Ditambahkan Kabid Rehabilitasi dan rekonstruksi (RR) BPBD Sumbar, Suryadi disela acara, Bimbingan teknis hitung crpat pengkajian kebutuhan pasca bencana (JITU PASNA) Sumbar angkatan. III, dilaksanakan 13-16 Nov 2019 bertempat di Padang.

Sementara untuk praktek lapangan tinjauan, maka peserta akan dibawa ke beberapa nagari di kab. Pesisir selatan.

Sebelumnya, pada Bimtek JITU PASNA angkatan ke II diikuti jurnalis beberapa waktu lalu, bertempat di Bukittinggi.

Pada kegiatan bimtek itu, selain Deputi RR Ir. Rifai MBA yang memberikan materi, tapi juga Pusdiklat Staf ahli Ir. Bambang Sulistanto (mantan Deputi RR BNPB periode 2013 2014)

#Fit

Check Also

Padang Expo 2019 Dibuka, Jadikan Padang sebagai Pusat Perdagangan Wilayah Barat Sumatera

Padang (LN)—Malam ini, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah direncanakan akan membuka acara Padang Expo (PE) 2019, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *