Home / ---- / Di Agam, Bayar Tagihan PDAM dan PBB Sudah Bisa di ATM Bank Nagari

Di Agam, Bayar Tagihan PDAM dan PBB Sudah Bisa di ATM Bank Nagari

Agam (PN)-Dalam rangka memantapkan pelayananan di berbagai aspek, melalui pemanfaatan tekonologi inofrmasi, Pemerintah Kabupaten Agam di awal tahun 2018 ini kembali meluncurkan inovasi baru, yaitu menerapkan sistem pembayaran rekening air minum dan Pajak, secara online melalui perbankan.

Dirut PDAM Kabupaten Agam, Endri Melson, diruang kerjanya, Senin (15/1) mengatakan, langkah itu untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan menggandeng Bank Nagari untuk membuka pembayaran rekening air minum melalui ATM.

“Program ini terobosan baru untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran dan memberi kesempatan pelanggan supaya tidak mengantre saat bayar setiap bulannya,” katanya, didampingi Kepala Badan Keuangan Daerah, Hendri G.

Pembayaran itu menjadi alternatif, selain layanan melalui Kantor Pos dan Kantor Pusat PDAM, atau kantor cabang yang ada di kecamatan.

Ia menyebutkan, lahirnya sistem aplikasi baru itu dengan melibatkan Bank Nagari, merupakan proses dari out put yang selama ini dilakukan oleh PDAM, untuk selalu berbenah agar muncul inovasi baru dalam rangka mempermudah pelayanan terhadap masyarakat.

“Dengan telah adanya sistem digital yang kita gunakan selama ini, maka dengan mudahnya pihak perbankan untuk mengoneksikan data yang kita peroleh, sehingga proses membuat aplikasi online ini menjadi mudah.

Sejak diluncurkannya aplikasi tersebut pada awal Januari 2018, pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui spanduk, stiker dan baner yang ada di setiap Kantor Cabang PDAM, ataupun melalui sosialiasi langsung kepada masyarakat di saat membayar secara manual.

“Kita berharap, melalui sistem layanan online ini sebanyak 12.300 pelanggan PDAM di Agam bisa termanjakan,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Agam, Hendri G. Menurutnya, kemudahan ini tidak hanya dirasakan bagi masyarakat yang ada di kampung, tetapi juga bagi wajib pajak yang ada dirantau. “Kalau sebelumnya mereka membayar melalui pengiriman uang ke pihak ke tiga dulu (keluarga/orang dipercayai), kemudian baru dibayarkan ke kantor wali nagari atau kecamatan, namun sekarang mereka sudah bisa langsung membayar ke Bank Nagari yang ada di Indonesia,” ujarnya.

“Selain itu, adanya sistem pembayaran direkening ini, akan memudahkan kita dalam mengakses data. Karena saldonya sudah langsung masuk ke kas, jadi tidak perlu menyusun lagi,” ujarnya pula.

Sementara itu, Bupati Agam melalui Sekretaris Daerah, Drs. H. Martias Wanto, MM Dt. Maruhun, mengapresiasi lahirnya inovasi baru yang digagas PDAM, dan Badan Keuangan Daerah, bersama Bank Nagari Cabang Lubuk Basung, yang bisa memanfaatkan teknologi informasi, untuk memudahkan akses pelayanan terhadap masyarakat. Ia menilai lahirnya inovasi baru tersebut merupakan salah satu aksi nyata Pemkab Agam untuk mewujudkan pemerintahan yang e-government.

“Di era teknologi ini sangat perlu terobosan dan inovasi baru. Untuk lebih praktis dan cepat. Terutama pada perusahaan daerah, seperti PDAM juga harus lebih terbuka baik, secara internal maupun eksternal, demi kemajuan perusahaan,” katanya. (IF/AMC)

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *