Pembukaan pekan pameran tersebut juga dihadiri anggota DPRD Kota Padang Dewi Susanti, Camat Lubeg Heriza Syafani dan beberepa OPD lainnya.

Ragam produk olahan 12 kelompok pelaku ekraf UMKM di Kota Padang di pajang pada stand yang telah disediakan, mulai dari aneka minuman, makanan ringan, anyaman rotan, batik dan lain sebagainya. Para pengunjung Plaza Andalas tinggal memilih barang kesukaanya.

Menurut Wali Kota Hendri Septa ekonomi kreatif adalah konsep yang mengintensifkan ekonomi kreatif dengan cara menghandalkan ide-ide serta pengetahuan dari sumber daya manusia (SDM) sebagai sektor produk utama.

Sebab kata Wali Kota Hendri Septa keberadaan ekonomi kreatif (ekraf) harus mampu menjadi penyalur bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kota Padang.

Melalui ekraf diharapkan barang produksi olahan UMKM dengan kemasan yang rapi dan menarik bisa ditampung serta diminati para konsumen. Dengan demikian akan menjadi penggerak ekonomi masyarakat di kota tercinta ini.

Wali Kota Hendri Septa menyebutkan Pekan Pameran Ekonomi Kreatif yang digelar di lantai dasar Plaza Andalas bisa dikunjungi, dan dilihat langsung masyarakat serta bisa pula jadi ajang promosi bagi pelaku ekonomi kreatif, dalam pengembangan usahanya.

Semoga gelaran pekan pameran ekonomi kreatif bisa memberikan manfaat yang bisa dirasakan pelaku UMKM untuk meningkatkan taraf hidupnya, harap Hendri Septa.

Sedangkan Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan Pekan Ekraf Pariwisata Kota Padang Tahun 2021 untuk menyuguhkan peluang pasar bagi pelaku ekraf untuk memasarkan produknya.

Dan Melatih pelaku ekraf komunikasi yang baik kepada konsumen, sehingga mereka tertarik untuk membelinya.

Pekan Ekonomi Kreatif digelar selama 3 (tiga) hari dimulai Sabtu hingga Senin (3-5/7/2021) di Plaza Andalas lantai I (mcpadang/ Irwan Rais/RA)