Home / ---- / Diduga Gunakan Daging Babi, Gerebok Sate KMS Diamankan Petugas

Diduga Gunakan Daging Babi, Gerebok Sate KMS Diamankan Petugas

Padang (LN) – Tim gabungan terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Balai BPOM serta Satpol PP Kota Padang melakukan penyitaan dan penggeledahan terhadap pedagang sate bermerk KMS, bertempat di Simpang Haru kec. Padang Timur, kota Padang, Selasa (29/1/2019).

 

Sate KMS diduga menjual sate dari olahan daging babi.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal, menyebutkan tim gabungan secara diam-diam telah melakukan pengecekan beberapa bulan yang lalu.

“Diduga daging babi. Kemudian petugas diam-diam telah mengecek satu bulan yang lewat. Hasil pengecekan tersebut benar tapi dalam SOP harus dia tandatangani,” kata Endrizal.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan saat petugas datang, pedagang sate sempat membuang tumpukan tusukan sate ke dalam got yang diduga merupakan daging babi.

“Ada daging dilempar ke got. Katanya tidak tahu menahu, tapi kenapa dibuang. Selanjutnya kita semua dengan tim terlibat untuk semua barang dagangan kita sita ke Satpol PP sebagai barang bukti. Beberapa sampel sudah diambil dan yang terbukti hanya sate merek KMS di kawasan Simpang Haru,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Padang, Novita Latima mengungkapkan bahwa, uji laboratorium telah dilakukan sejak 22 Oktober 2018 dan hasilnya positif mengandung babi.

“Hasilnya keluar 21Januari 2019 kemarin dan positif, ini bermula dari laporan masyarakat, kita beli sate tersebut dan dijadikan sampel dan kirim ke Aceh karena menyangkut nama baik orang,” sebutnya.

#red/fit

Check Also

DPUPR Kab. Pessel Tingkatan Jalan Kec. Ranah Pesisir, Alokasikan Dana Rp946 Juta untuk Jalan Sepanjang 3 Km

Pessel (LN)—Kabupaten Pesisir Selatan merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Sumatera Barat yang sebagian besar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *