Home / ---- / Diduga, Pokja ULP Padang “Kongkalingkong”, Menangkan PT. BAP dengan Cara Tidak “Fair”

Diduga, Pokja ULP Padang “Kongkalingkong”, Menangkan PT. BAP dengan Cara Tidak “Fair”

PADANG (LN)–Panitia Lelang Pokja III ULP Kota Padang diduga kuat sudah melakukan praktek persekongkolan dengan salah satu peserta lelang pada paket pekerjaan “Rehabilitasi/Perbaikan Drainase Wilayah Selatan”.

Dengan cara tidak “fair”, Panitia lelang menyingkirkan peserta lainnya, menunjuk perusahaan yang tidak semestinya jadi pemenang.

Pokja III ULP Padang terkesan memaksakan memenangkan PT. Bima Arjuna Prakasa (BAP) yang jelas-jelas memiliki kesalahan dalam penawarannya.

Hasil evaluasi lelang pada tahap penjelasan melalui website LPSE Padang (www.lpsepadang.co.id), Panitia lelang sudah menyatakan PT. BAP berada di penawaran nomor 11 dengan harga Rp6.981.234.000, memiliki kesalahan volume galian tanah berbatu pada Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Anehnya lagi, peserta peserta lain yang harga penawarannya berada di bawah PT. BAP, belum tentu memiliki kesalahan tapi tidak dilakukan evaluasi terhadap perusahaan tersebut.

Untuk paket pekerjaan “Rehabilitasi/Perbaikan Drainase Wilayah Selatan” diikuti sebanyak 118 perusahaan, sedangkan yang memasukan penawaran hanya 18 perusahaan.

Dari hasil evaluasi, panitia/Pokja III menyatakan ada 14 perusahaan yang salah dalam melakukan penawarannya, termasuk PT. Bima Arjuna Prakasa (BAP). Sedangkan 4 perusahaan lainnya, tidak dilakukan evaluasi alias dihentikan evaluasi oleh panitia tanpa dasar yang jelas.

Hal ini jelas menimbulkan pertanyaan, kenapa perusahaan yang sudah dinyatakan salah dalam penawaran bisa dimenangkan, ada apa dengan panitia lelang Pokja III Kota Padang?  

Memang Hebat, ternyata PT. BAP merajai paket pekerjaan yang ada di kota Padang. Buktinya, pada tahun 2017 ini sudah 4 paket pekerjaan yang disikatnya, dengan total anggaran sekitar Rp21 milyar.

Dari desas desus yang beredar di kalangan masyarakat kontraktor, PT. BAP mempunyai becking yang kuat sehingga proyek di Pemko Padang dapat dikondisinya.

Sementara Panitia lelang Pokja III ULP Kota Padang, saat dihubungi belum dapat dikonfirmasi…

#Tim

Check Also

Ketua DPR Minta Polri Tindak Tegas Akun Penyebar Hoaks

JAKARTA.LN- – Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Badan Pengawas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *