Home / ---- / Dies Natalis Ke-45, Lulusan ITP Berkiprah di Nasional dan Mancanegara

Dies Natalis Ke-45, Lulusan ITP Berkiprah di Nasional dan Mancanegara

Padang (LN)–Institut Teknologi Padang (ITP) pada 21 Februari 2018, genap berusia 45 Tahun.

Selama perjalannanya itu, dari 21 Februari 1973 lalu, ITP mengalami kemajuan yang signitifikan.

Terbukti, pada saat ini Institut Teknologi Padang (ITP) telah mengantongi Akreditasi B.

Bahkan lulusan ITP telah menyebar luas di seluruh Nusantara hingga ke mancanegara. Alumni ITP banyak yang berkiprah sebagai pengusaha, dan juga mengabdi di BUMN, BUMD, serta bergabung di Perusahaan Swasta.

Kwalitas dan kwantitas lulusan ITP sangat teruji, sehingga lulusan ITP menjadi sanggar perhitungkan di dunia tenaga kerja.

Hal itu diungkap Rektor ITP Ir. Hendri Nofrianto pada saat dilaksanakannya Dies Natalis ke 45 tahun Institut Teknologi Padang (ITP) tahun 2018, di Padang.

Dies Natalis ke 45 tahun Institut Teknologi Padang (ITP) tahun 2018 bertema “Years of Achievment”, yang dapat diartikan sebagai tahun apresiasi terhadap pencapaian ITP mulai dari peningkatan prestasi hingga akreditasi sampai saat ini.

Dalam momentum Dies Natalis yang ke 45 tahun ini, Institut Teknologi Padang (ITP) menyelenggarakan pengukuhkan Guru Besar Pertama di ITP, yakni Prof. Dr. Ir. Muhammad Yahya, M.Sc, beliau merupakan Dosen Teknik Mesin ITP, Fakultas Teknologi Industri.

Dari biografinya, Muhammad Yahya yang lahir di Padang, 3 Maret 1962, menempuh pendidikan S1 di Universitas Bung Hatta Jurusan Teknik Mesin (1982-1989), Meraih Gelar S2 (1996-1999) dan S3 (2000-2007) di Universiti kebangsaan Malaysia dijurusan Teknik Mesin.

Muhammad Yahya merupakan Dosen yang mempunyai Fokus pada Energi Baru dan Terbarukan serta Sumber Energi Alternatif, yang tercermin dalam berbagai penelitian Beliau yang mengarah pada pengembangan Energi Terbarukan yang diimplementasikan pada masyarakat seperti pada proses pengeringan hasil pertanian.

Berbagai Prestasi telah beliau torehkan, baik dari segi penilitian, Artikel Ilmiah, Jurnal Internasional dan Nasional,

“Dengan Pengukuhan guru besar ini, kita harapkan semoga ITP semakin maju kedepannya, dan dapat memberikan dorongan bagi kemajuan pendidikan Sumatera Barat dan Indonesia, serta Penerapan Ilmu pengetahuan tersebut dapat memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia” harap Rektor ITP Hendri Nofrianto.  .

Lebih lanjut Hendri mengatakan “semoga dengan umur yang ke 45 tahun ini ITP dapat menjaga dan meningkatkan kualitas dan menjadi salah satu institusi pencetak teknokrat yang unggul dan mampu bersaing di tingkat Nasional dan internasional, ungkapnya.

Kegiatan pengukuhan guru besar tersebut turut di saksikan oleh Gubernur Sumbar yang di wakili oleh Asisten II Syafrudin MM, dan Koordinator Kopertis Wilayah X Prof Herry, dan para undangan lainya.

Sejarah Institut Teknologi Padang (ITP)

Institut Teknologi Padang (ITP) merupakan Perguruan Tinggi Teknik tertua di Sumatera Bagian Tengah. Institusi ini didirikan dalam rangka memenuhi tenaga kerja ahli dan memilih dalam bidang keteknikan.

Diawal berdirinya, institusi ini merupakan sebuah kursus yang diberi nama Kursus Ahli Teknik (KAT) dengan dua bidang keahlian, yaitu : Keahlian Mesin dan Keahlian Sipil. Pada tahun 1973 kursus berkembang menjadi sebuah akademi, yang selanjutnya diberi nama Akademi Teknik Padang (ATP) berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Pendidikan Teknologi Padang Nomor : 02/YPT/KPTS/1973 tanggal 21 Februari 1973, dengan membuka Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik mesin (Program Sarjana Muda). Kemudian menyusul dibukanya Jurusan Teknik Elektro pada tahun 1980.

Perubahan bentuk dan nama Akademi Teknik Padang (ATP) menjadi Sekolah Tinggi Teknik Padang (STTP) dilakukan pada tahun 1987, dengan menambah tiga program studi yaitu : Program studi Teknik Sipil (S1), Teknik Mesin (S1), dan Teknik Elektro (S1). Kemudian pada tahun 1989 berubajh menjadi Sekolah Tinggi Teknik Padang (STTP).

Selanjutnya pada tahun 2002 Sekolah Tinggi Teknik Padang (STTP) berkembang menjadi Institut Teknologi Padang (ITP), yang dikukuhkan oleh Mendiknas RI melalui Surat Kepetusan Nomor : 113/D1012002, sejak tahun 2002 hingga sekarang ITP dipercaya oleh pemerintah untuk melaksanakan proyek TDSP, Semi-QUE, PHK-A1, PHK-A2, PHK-PMP, PHK-K3-Inherent dan Hibah Kompetisi lainnya.

Fasilitas Kampus
Institut Teknologi Padang memiliki gedung yang representatif terpusat di tengah kota Padang dengan fasilitas antara lain:

1. Gedung Perkantoran
2. Gedung Perkuliahan
3. Perpustakaan
4. Lab. Teknik Mesin
5. Lab. Teknik Elektro
6. Lab. Teknik Informatika
7. Lab. Teknik Sipil
8. Lab. Pemodelan & simulasi
9. Lab. Konversi Energi Listrik
10. Self Study Room
11. Pusat Kegiatan Mahasiswa
12. PIKSI (Pusat Ilmu Komputer & Sistem Informasi)
13. Bank Data dan Arsip
14. Lab. Multimedia
15. Lab. Koputer
16. Lab. CAD
17. Lab. Material
18. Workshop Welding
19. Lab. Fisika Dasar
20. Ruang Sidang
21. Café
22. Aula
23. Mushalla

Check Also

BKKBN Sumbar “Impoten”, PT. Delapan Pilar Bekerja Tanpa K3 Dibiarkan

Padang (LN)—Satu lagi ditemukan perusahaan nakal, bekerja semaunya tanpa aturan yang sudah ditetapkan demi bisa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *