Home / ---- / Dinas Pertambangan Sumbar “ Impoten”, Inspeksi Diabaikan PT. Semen Padang

Dinas Pertambangan Sumbar “ Impoten”, Inspeksi Diabaikan PT. Semen Padang

Padang (LN)–Kerusakan lingkungan yang terjadi di Kel. Batu Gadang, Lubuk Kilangan, kec. Lubuk Kilangan Kota Padang terutama di kampung Sikayan Mansek dan Ngalau Baribuik, tidak terlepas dari aktifitas tambang batu kapur milik PT. Semen Padang (PTSP). Daerah yang berada pada ring satu ini, berada dibawah acaman bencana longsor dan banjir bandang.

Dinas Pertambangan dan ESDM provinsi Sumbar melalui Kepala Seksi Pengawasan Pertambangan, Jhon Edwar, ketika dikonfirmasi, beberapa hari lalu diruang kerjanya mengatakan bahwa Satling pond PTSP tidak berfungsi sama sekali.

Hal itu terungkap, ketika tim Dinas Pertambangan dan ESDM melakukan inspeksi pada Tahun 2014 lalu. Dan hingga sekarang (tahun 2016), satlingpond tersebut masih belum diperbaiki.

Sebagaimana fungsinya, Satling pond merupakan kolam berfungsi untuk menetralkan atau merubah air asam tambang agar air yang keluar di perairan bebas layak atau sesuai baku mutu Nasionan (PH air normal), jelasnya.

Didalam satlingpond selain bisa mengendapkan lumpur, juga bisa melakukan pengapuran atau pemberian tawas agar air yang keluar nantinya sesuai dengan baku mutu. selain dilakukan pengapuran dan pemberian tawas, kolam satling pond harus dicheck terus setiap harinya agar termonitor selalu air yang keluar ke perairan bebas.

Sedangkan Sediment Pond adalah kolam pengendapan lumpur yang dihasilkan oleh erosi air hujan. selain mengendapkan lumpur, juga bisa menjebak unsur hara yang terbawa oleh aliran air hujan didaerah area reklamasi.

setiap kegiatan penambangan pasti menghasilkan limbah, baik berupa limbah cair, padat, ataupun gas/udara. Khusus untuk limbah cair, porsi terbesar berasal dari aktivitas pembukaan lahan dan material buangan (waste) yang mudah tererosi sehingga mempengaruhi baku mutu air limpasan yang keluar dari area penambangan dan menuju ke badan sungai atau meresap menjadi air tanah.

 

Ditempat terpisah, Ketua LSM LP.KPK (Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan) Sumbar, Zulkarnaini menilai Dinas Pertambangan dan ESDM Sumbar “Impoten” sehingga tidak mampu menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

Teguran yang diberikan kepada PTSP untuk memperbaiki Sediment Pond tidak di gubris hingga bertahun-tahun lamanya. Kondisi ini apabila dibiarkan berlarut-larut, tentunya dapat merugikan lingkungan dan kesehatan masyarakat disekitarnya.

Tindakan tersebut sudah bertentangan dengan UUD 1945 pasal 28H tentang Lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak asasi setiap warga Negara Indonesia, tutur Zulkarnaini kesal.

Sambungnya, Berdasarkan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 113 tahun 2003 tentang Baku Mutu Air Limbah bagi Usaha dan atau Kegiatan Pertambangan Batubara, disebutkan bahwa air limbah yang berasal dari kegiatan penambangan dan air limbah yang berasal dari kegiatan pengolahan/pencucian harus dikelola dengan pengendapan sebelum dibuang ke air permukaan dan air yang dibuang harus memenuhi baku mutu yang ditetapkan.

Sehingga di setiap kegiatan penambangan harus menyediakan kolam-kolam pengendapan untuk memastikan bahwa limbah cair yang keluar ke badan air akibat dari proses penambangan akan memenuhi baku mutu yang disyaratkan oleh pemerintah tersebut diatas.

Setiap penambangan pasti berhadapan dengan masalah air, baik air limpasan permukaan, air tanah, ataupun air limbah hasil proses penambangan. Supaya proses penambangan bisa berjalan bagus sesuai dengan prinsip Good Mining Practice, maka suatu rencana pengelolaan air harus dibuat.

Dalam rencana pengelolaan air (water management plan) harus dikembangkan dengan mempertimbangkan curah hujan rata-rata, luas area tangkapan air, bangunan-bangunan air yang harus dibuat termasuk kolam pengendapan yang berfungsi sebagai kontrol erosi, sedimentasi, dan bahan pencemar lainnya seperti logam berat sebelum keluar ke badan sungai umum.

Disinyalir, terjadinya pembiaran ini karena adanya konflik kepentingan, sehingga Dinas Pertambangan tidak mampu bertindak. (TIM)

 

 

 

 

 

 

Check Also

Jalin Tali Kasih, IKW RI Kerjasama Humas Polda Sumbar Salurkan Bantuan Sembako

Padang (LN)– Ikatan Keluarga Wartawan (IKW-RI) Sumbar Bekerja sama dengan Humas Polda Sumbar dan Humas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *