Home / ---- / Dinsos Sumbar Gelar Rakor, Penguatan Lembaga RBM dan LKS Korban Penyalagunaan NAPZA

Dinsos Sumbar Gelar Rakor, Penguatan Lembaga RBM dan LKS Korban Penyalagunaan NAPZA

Padang (LN)РDinas Sosial provinsi  Sumatera Barat mengadakan Rapat Koordinasi Pengeuatan Lembaga RBM dan LKS tentang korban Penyalahgunaan Napza, pada 8-9 Maret 2018 yang mengikutsertakan peserta dari Kab/Kota dan Provisi Sumbar, diantaranya LSM Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN), LSM FORSIS, Yayasan Warih Pusako Payakumbuh dan beberapa lembaga lainnya, bertempat di hotel editor.

Dalam sambutan kepala Dinas Sosial Sumbar, melalui Kabid Rehsos, Suryanto pada pembukaan acara tersebut mengatakan, “Bagi orang yang terkena narkoba sama-sama orang yang terkena penyakit mestilah diobati atau di rehabilitasi bukanlah di penjara.

Pengguna narkoba merusak syaraf, jadi untuk itu butuh pengobatan dengan cara direhabilitasi, jelasnya.

Sesuai dengan Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, khususnya pasal 54 yang menyatakan bahwa “Pecandu Narkotika dan korban kemungkinan Narkotika wajib tetap terjaga dan terjaga”,

Setiap penyalah guna narkotika yang bertentangan secara langsung maupun yang terkait hukum baik sebagai tersangka, terdakwa, atau narapidana dalam tindak pidana narkotika berhak akan mendapatkan pengobatan dan perawatan.

Ditambahkan, Dr. Novi Susanti, “Perawatan kesehatan dan sosial, maka pecandu, penyalahguna dan korban disesuaikan narkotika dapat ditempatkan di fasilitas rehabilitasi.

Sementara itu, menurut Ketua DPD GANN Sumbar, Adi sucopto, “Tindak lanjut yang berkoperensif dan berkesinambungan terhadap korban penyalahgunaan narkotika yang sudah melakukan rehabilitasi sosial baik rawat inap maupun rawat jalan pada intitusi penerima wajib lapor (IPWL) milik dinkes maupun kementrian sosial.

Program aftercare maupun pasca rehabilitasi yang berupa peningkatan SDM maupun bantuan modal usaha yang bertujuan untuk menikatkan ekonomi korban penyalahgunaan narkotika sehingga mereka dapat diterima ditengah – tengah masyarakat, dapat membiayai kehidupan mereka maupun keluarganya dan mereka tadak kembali lagi kepada komunitas atau kelompok yang menyebabkan mereka terjerumus kembali pada penyalahgunaan narkotika.

Adi

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *