Home / ---- / Dinsos Sumbar Salurkan Bantuan Beras untuk 125 Panti Swasta, Komitmen Pemerintah Tingkatkan Kesejahteraan Sosial

Dinsos Sumbar Salurkan Bantuan Beras untuk 125 Panti Swasta, Komitmen Pemerintah Tingkatkan Kesejahteraan Sosial

Padang (LN)—Dinas Sosial provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyalurkan bantuan untuk kebutuhan dasar (pokok) kepada sejumlah panti swasta dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di Sumbar.

Program bantuan  pokok berupa beras merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial.

Pada tahun 2019, ada sebanyak 125 panti swasta yang akan menerima bantuan beras tersebut, terdiri dari 111 panti anak, 1 panti lansia dan 13 panti penyandang disabilitas.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Sosial provinsi Sumatera Barat (Sumbar), H.Abdul Gafar SE MM, kepada media www.laksusnews.com kemarin menjelaskan,

Bantuan beras merupakan implementasi dari Peraturan Pemerintah nomor 2 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Kebutuhan dasar permakanan ditujukan bagi anak terlantar, lanjut usia terlantar dan penyandang disabilitas terlantar di dalam panti yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

Apabila kebutuhan dasar permakanan bagi anak terlantar, lanjut usia terlantar dan penyandang disabilitas terlantar di luar panti menjadi kewenangan kab/kota, sehingga otomatis pemerintah kab/kota tidak dapat lagi memiliki kewenangan untuk membantu kebutuhan dasar di dalam panti, jelas Kadis.

Mengingat kemampuan keuangan daerah, maka hal ini memberi kesempatan bagi masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial guna membantu kebutuhan dasar bagi pelayanan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di dalam panti.

Bantuan beras sebanyak 192.000 kilogram (kg) dengan asumsi dapat memenuhi kebutuhan dasar permakanan 4.000 jiwa, selama 4 bulan kedepan (120 hari).

Dinas Sosial Sumbar berupaya untuk menambah jumlah bantuan beras pada tahun anggaran 2020 agar penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi PMKS di dalam panti dapat terbantu sekaligus meringankan beban bagi pengurus panti.

Dengan adanya bantuan ini, hendaknya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Dan bagi panti penerima bantuan, seyogyanya menjaga dan menyimpan beras tersebut di dalam gudang dengan baik, memperhatikan sirkulasi udara yang cukup serta diberi alas kayu papan di bawahnya, pesan Gafar mengingatkan.

Selain itu, peran serta dan partisipasi masyarakat luas melalui organisasi masyarakat, organisasi sosial, komunitas dan pribadi diharapkan dapat membantu secara aktif terhadap kelangsungan kehidupan di dalam panti.

Sementara itu, panti–panti hendaknya berupaya memiliki usaha mandiri untuk memperoleh penghasilan, sekaligus memberi pembelajaran bagi anak-anak untuk latihan berusaha dan berkarya, seperti membuka kedai , warung, loundry atau usaha lainnya sehingga kebutuhan panti tercukupi.

Sambungnya, Pastikan pengasuhan di dalam panti melaksanakan sesuai ketentuan di Standar Nasional Pengasuhan Anak {SNPA} sehingga anak tumbuh dan berkembang secara baik.

Ditambahkan Kabid. Rehabilitasi dan Sosial Dinsos Sumbar, Suyanto mengatakan, Untuk pendistribusian bantuan beras tersebut, akan diantarkan langsung ke panti-panti yang dilakukan mulai 5 April sampai dengan 1 Oktober 2019.

Dan semoga proses pendisdibusian dapat berjalan lancar tanpa adanya kendala, harapnya.

 

#fit

Check Also

Pariaman Expo 2019 Sarana Promosikan Produk Daerah, Tingkatkan Penghasilan Masyarakat

Pariaman (LN) -Untuk meriahkan hari jadi Kota Pariaman ke-17, seperti tahun-tahun sebelumnya digelar event Pariaman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *