Home / ---- / Pesan Dirlantas Sumbar, Kombes Eddy Djunaedi : Kesalahan Orangtua, Membiarkan Anak Bawah Umur Mengendarai Sepeda Motor di Jalan Raya

Pesan Dirlantas Sumbar, Kombes Eddy Djunaedi : Kesalahan Orangtua, Membiarkan Anak Bawah Umur Mengendarai Sepeda Motor di Jalan Raya

SAM_1398PADANG (LN)–Hampir sebulan, Dirlantas Polda Sumbar menggelar operasi rutin, melakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan sepeda motor, terutama yang tidak menggunakan helm, masih belum membuahkan kesadaran ditengah masyarakat.

Dari hasil operasi Sabtu malam (30/4), masih banyak ditemukan pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, yakni sebanyak 245 pelanggar.

Apabila dibandingkan dengan operasi sebelumnya, Sabtu malam (23/4), terjadi peningkatan hingga 80 persen. Yangmana tercatat sebanyak 195 pelanggar.

Tidak menggenakan helm saat mengendarai sepeda motor di jalan raya adalah pelanggaran sebagaimana diatur dalam UU Lalu lintas. Selain itu, juga bisa membahayakan keselamatan pengendara sepeda motor itu sendiri.

Mengingat pentingnya hal itu, maka Dirlantas Polda Sumbar menggelar operasi rutin sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap keselamatan masyarakat.

Melalui operasi ini tentunya dapat mengantisipasi dan menekan  korban kecelakaan di jalan raya yang bisa mengakibatkan kematian ataupun luka-luka.

Sebagaimana tupoksinya, Polri selalu melakukan penegakan hukum demi terciptanya ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat, ucap Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Eddy Djunaedi, Sik Sabtu malam (30/4).

Menurut Eddy, “Meningkatnya pelanggaran disebabkan masih tingginya eforia (ikut-ikutan) masyarakat sehingga mengabaikan keselamatannya.

Pengendara sepeda motor, terutama para remaja lebih cendrung memilih tidak menggunakan helm, alasannya apabila menggenakan helm tidak terlihat gagah/cantik. Padahal kegunaan helm tersebut bukan untuk gagah-gagahan, namun untuk melindungi kepala serta  menghindari terjadi resiko saat terjadinya kecelakaan, jelas Eddy.

Pada operasi Sabtu malam (30/4), Dirlantas Polda Sumbar berhasil menjaring 246 pelanggar pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm. Atas pelanggaran itu, Dirlantas Polda Sumbar menahan kendaraan bermotor (ranmor) sebanyak 154 unit, STNK sebanyak 43 buah dan SIM sebanyak 49 buah.

SAM_1403Disampaikan Eddy, Adapun sanksi bagi pengendara sepeda motor tanpa menggunakan helm berupa penahanan kendaraannya.

Sedangkan berboncengan tidak menggunakan helm, dilakukan penahanan surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK.

Operasi ini melibatkan sebanyak 180 personil, dibagi pada dua lokasi yakni jalan Diponegoro dan jalan Sawahan. Masing-masing lokasi sebanyak 90 orang personil , terdiri dari Provos, Sabhara dan TNI POM.

Selanjutnya, Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Eddy Djunaedi SIK menghimbau kepada masyarakat terutama yang mempunyai anak, agar jangan terlalu memanjakan anaknya.

Membiarkan anak yang belum cukup umur untuk mengendarai sepeda motor di jalan raya, adalah kesalahan karena bisa memberbahayakan keselamatan anak tersebut dan juga keselamatan orang lain, pesan Eddy. (and)

Check Also

Lapas Kelas III Alahan Panjang Berikan Sanksi Tegas kepada Petugas Lalai

Alahan Panjang (Sumbar)—Lapas Kelas III Alahan Panjang memberikan reward kepada petugas atas prestasi integritas pengabdiannya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *