Home / ---- / Dishub Padang Tingkatan Pelayanan Angkutan, Pengoperasian 25 Unit Bus Trans Padang Dimaksimalkan

Dishub Padang Tingkatan Pelayanan Angkutan, Pengoperasian 25 Unit Bus Trans Padang Dimaksimalkan

Padang (LN)—Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang terus berupaya meningkatkan pelayanan Trans Padang yang profesional, aman, nyaman, tertib dan  berkelanjutan.

Melalui kegiatan “Pengoperasian Angkutan Massal” diharapkan dapat menjadi sebuah solusi akan transportasi massal yang aman nyaman dan andal, sehingga masyarakat beralih ke transportasi umum dan mengurangi penggunaan angkutan pribadi.

Dan pada TA. 2019 ini, Dishub Kota Padang sudah mengalokasi dana sebesar Rp13.000.000.000 dari APBD Kota Padang untuk program Peningkatan Pelayanan Angkutan, Layanan Bus Trans Padang sebanyak 25 Unit.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengoperasian Angkutan Massal, Armizoprades, di Padang.

Lebih jauh Armi menjelaskannya, Transportasi mempunyai posisi penting dan strategis dalam proses pembangunan, mendorong serta menunjang perekonomian, mampu mempengaruhi semua aspek kehidupan, sehingga perlu ditata dalam suatu sistem  yang dapat memadukan serta mewujudkan transportasi dengan tingkat kebutuhan dan tingkat pelayanan yang tertib, aman, nyaman, cepat, teratur, lancar serta dengan biaya yang terjangkau.

Disampaikannya, Kementerian Perhubungan RI pada tahun 2013/2014 memberikan bantuan untuk Pemko Padang berupa Bus Angkutan Massal Trans Padang sebanyak 15 unit, dan 10 unit pada tahun 2016 yang dioperasikan pada Koridor I Trayek Pusat Kota– Lubuk Buaya – Batas Kota,

Adapun Ruang Lingkup pengoperasian Bus Trans Padang pada Koridor I Trayek Pusat Kota-Lubuk Buaya-Batas Kota, diberikan waktu pelaksanaan Pengoperasian Trans Padang selama 334 hari kalender untuk 25 unit bus.

Sedangkan, Jumlah rit maksimal 7 rit/kend/hari, Kilometer dari dan ke pool, berupa 1 Km/kendaraan/hari selama 334 hari kalender untuk 25 unit bus, ucap Armi.

Disebutkannya, Rute yang dilalui adalah Pusat Kota – Lubuk Buaya – Batas Kota, jalan Bagindo Aziz Chan – Jl. Sudirman – Jl. Rasuna Said – Jl. Khatib Sulaiman – Jl. Hamka – Jl. Adinegoro Pusat kota – Jl. Lubuk Buaya – Batas Kota.

Sedangkan, Waktu pelayanan Bus (service) ditetapkan mulai dari jam 06.00 pagi sampai dengan jam 21.00 (15 jam dalam sehari).

Untuk menjalan kegiatan pengoperasian tersebut, maka ditunjuk pihak ketiga sebaga penyedia Jasa. Berdasarkan hasil lelang LPSE kota Padang, ditunjuk Koperasi Jasa Sumbar Trans dengan harga negoisasi sebesar Rp12.846.086.845, tutupnya.

 

#Fit/Ard

Check Also

DPUPR Kab. Pessel Tingkatan Jalan Kec. Ranah Pesisir, Alokasikan Dana Rp946 Juta untuk Jalan Sepanjang 3 Km

Pessel (LN)—Kabupaten Pesisir Selatan merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Sumatera Barat yang sebagian besar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *