Home / BERITA TERBARU / Disinyalir Akibatkan Pembengkakan Anggaran, Pansus I DPRD Kota Padang Tolak Usulan SOTK Baru

Disinyalir Akibatkan Pembengkakan Anggaran, Pansus I DPRD Kota Padang Tolak Usulan SOTK Baru

PADANG (LN) – Pansus I DPRD Kota Padang menolak usulan dari pemerintah kota setempat yang mengusulkan susunan satuan organisasi tata kerja (SOTK) menjadi 24 unit.

Dari analisa dewan, 24 SOTK itu akan mengakibatkan beban anggaran Pemko Padang akan membengkak menjadi Rp 4 miliar.

Ketua Pansus I DPRD Kota Padang Faisal Nasir mengatakan, SOTK yang diusulkan Pemko Padang itu tidak mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Perubahan yang diusulkan malah akan berdampak pada pembengkakan anggaran daerah sebesar Rp 4 miliar.

Pembahasan SOTK antara Pansus I DPRD Padang dan satuan kerja (SKPD) sempat dihentikan untuk sementara waktu. Usulan yang diajukan oleh Pemko Padang dinilai tidak masuk akal. SOTK yang diajukan tersebut tidak menggambarkan SKPD yang efektif dan efesien.

“Dimana letak efesiensi yang dimaksudkan itu kalau APBD jadi bengkak Rp 4 miliar,” ungkap  Faisal Nasir ,Kamsi (15/9).

Faisal yang juga Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Padang itu menilai, selain efesiensi, jumlah SOTK versi dewan itu juga mempermudah DPRD Padang untuk melakukan pengawasan.

Sebab tidak banyak SKPD yang dipecah. Serta, juga mempermudah koordinasi antar satuan di lingkungan Pemko Padang.

Efesiensi waktu dan anggaran. Alasan inilah yang melatarbelakangi Fraksi PAN akan memilih untuk merampingkan jumlah SKDP. (*)

Check Also

PSBB Sumbar Diperpanjang Hingga 7 Juni 2020, Hanya Bukittinggi News Normal

Padang (LN)—Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diperpanjang oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat hingga 7 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *