Home / ---- / Disnaker Padang Tangani 18 kasus PHK, 6 Kasus Dalam Proses

Disnaker Padang Tangani 18 kasus PHK, 6 Kasus Dalam Proses

PADANG (LN)—Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Padang merasa kehilangannya fungsi pengawasan (pemantauan) terhadap perusahaan yang selama ini berada di tingkat kabupaten/kota,  berpindahtangan ke pemerintah provinsi. Dengan terjadinya perubahan tersebut, membuat kerancuan yang harus disingkapi.

Sebagaimana diatur dalam UU No.23 tahun 2014 yang direvisi menjadi UU No.9 tahun 2015, Fungsi pengawasan terhadap perusahaan yang sebelumnya berada di kabupaten/kota sekarang berpindahtangan ke pemerintah provinsi, sedangkan izin pendirian serta permasalahannya masih melekat di kab/kota.

Hal itu diungkapkan, Kepala Dinas Tenaga kerja (Disnaker) Kota Padang, Evyet Nazmar kepada media ini, Senin (28/3) di ruang kerjanya.

Terkait dengan kondisi itu, Depnaker kota Padang meminta kepada pemerintah provinsi untuk diberikan tembusan perusahaan yang dipantau (pengawasan) tersebut. Namun hingga sekarang, hal itu belum dilakukan pemerintah provinsi  Sumbar.

“Kita berharap pemerintah provinsi bias memberikan tembusan perusahaan kepada pemerintah kab/kota agar tidak terjadi kerancuan”, harapnya.

 

Disnaker Padang Tangani 18 kasus PHK

Dilain sisi, terkait masalah perselisihan ketenagakerjaan, terhitung sejak Januari 2017 hingga 28 februari 2017 tercatat ada sebanyak 18 kasus yang masuk ke Disnaker Kota Padang. Dan rata-rata perselisihan terkait dengan PHK, sebut Kabid Hubungan Industrial (HI), Nursal Hidayat yang didampingi Meditor, Berto Iwan.

Sambungnya, Disnaker kota Padang hanya sebagai mediasi, bagaimana menyelesaiannya perselisihan dengan memberikan saran (rekomendasi).  

Dijelaskan Berto, Ada tiga katagori yang dilakukan Disnaker dalam menyelesaikan perselisihan tersebut, diantaranya Bipatrit, Tripatrit dan anjuran, dalam jangka waktu 60 hari kerja.

Dirincinya, dari 18 kasus yang masuk itu, penyelesaian secara Bipatrit ada 8 kasus, Tripatrit 7 kasus dan anjuran (rekomendasi) 3 kasus. Sementara ada 6 kasus lagi yang masih dalam proses. (fit) 

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *