Home / ---- / Disperindag Padang Sukses, Pasar Kuliner Malam Simpang Kandang Efektif Bangkitkan Ekonomian Masyarakat dan Jadi Daya Tarik Wisatawan

Disperindag Padang Sukses, Pasar Kuliner Malam Simpang Kandang Efektif Bangkitkan Ekonomian Masyarakat dan Jadi Daya Tarik Wisatawan

PADANG (LN)–Pasar kuliner malam Simpang Kandang yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Padang, melalui Dinas Perdagangan (Disperindag) cukup efektif membangkitkan kembali roda perekonomian masyarakat serta mampu menjadi daya tarik wisatawan.

Kehadiran kuliner malam menyedot perhatian para wisatawan, khususnya bagi pecinta kuliner. Karena disini (pasar kuliner malam), tersedia berbagai jenis makanan dan minuman khas daerah Sumatera Barat.

Hebatnya lagi, Sambil menikmati santapan, para pengunjung berikan hiburan live music sehingga dapat menyalurkan bakatnya dalam bidang tarik suara (bernyanyi).

Sebagaimana disampaikan Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, “Pasar Kuliner malam ini bertujuan untuk menghidupkan roda ekonomi masyarakat. Pasar raya yang terasa sepi pada sore hingga malam hari. Dengan adanya pasar malam kuliner ini diharapkan dapat menyemarakan kembali kondisi pasar Raya di malam hari.

Kuliner malam yang diselenggarakan hendaknya bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat dan wisatawan untuk datang ke Pasar Raya Padang, karena di pasar kuliner malam ini tersedia berbagai jenis makanan dan minuman khas dari Sumatera Barat, harap Wako Padang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan (Disperindag) Kota Padang, Endrizal menyebutkan, pasar kuliner Simpang Kandang di isi oleh 18 pedagang yang akan buka dari sore hingga malam hari.

Bagi masyarakat wisatawan yang ingin merasakan makanan dan minuman khas (kuliner) Sumatera Barat dapat datang ke sini,” himbau Endrizal.

Program ini dibuat tentunya untuk dapat meramaikan kembali Pasar Raya setelah pasca gempa tahun 2009 silam. Apalagi, saat ini Pasar Raya sudah jauh lebih menarik setelah direvitalisasi oleh Pemko Padang.

Yang paling terpenting, melalui program ini tentunya dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat, papar Endrizal yang juga

Keberadaan pasar kuliner malam ini mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan. Seperti yang dipaparkan salah seorang pengunjung warga asal Pekanbaru Ridwan yang sengaja mampir untuk mengisi perut.

Menurutnya, keberadaan Pasar kuliner malam ini sanggat menarik karena disini (pasar kuliner malam) pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman sambil mendengarkan lagu secara langsung (live music).

Hal ini tentunya akan memancing minat wisatawan untuk datang berkunjung karena pasar kuliner malam di simpang kandang ini sanggat membantu sekali. Perut yang lapar bisa jadi kenyang, hati yang galau bisa terhibur, ucapnya sambil tersenyum lirih.

Selain itu, dukungan dari sejumlah tokoh masyarakat seperti, Sekretaris Gabungan lmportir Nasional Seluruh Indonesia, Badan Pengurus Pusat. Erwin Taufan, Wakil Ketua DPP Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia, Khairui Mahalli. Dukungan juga datang dari IKAPPl Sumbar

Direktur Pengawasan Lembaga Pembiayaan OJK, Andra Sabta mengatakan, Kota Padang telah mengalami perubahan yang positif, dengan hadirnya program Kewirausahaan UMKM. “ Kegiatan ini mampu meramaikan Iagi Pasar Raya, Apalagi saat ini Pasar Raya Padang sudah jauh Iebih menarik setelah direvitalisasi oleh Pemko Padang,” ungkapnya.

Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya Kementerian Pariwisata, Drs. Lokot Ahmad Enda, mengatakan, Pasar Kuliner Malam Simpang Kandang telah diagendakan di Kementerian Pariwisata.

Kabid Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Dinas Perdagangan Kota Padang, Arliswandi mengatakan, Pasar Kuliner Malam Simpang Kandang merupakan program UMKM baru unggulan Walikota Padang. Program ini hadir sesuai visi misi Walikota Padang menjadikan Kota Padang sebagai pusat perdagangan bernuansa wisata di wilayah Barat Sumatera.

Pasar Kuliner MaIam Simpang Kandang dimulai dari Pasar Baru sampai ke Padang Theater. Terdapat lebih kurang 60 gerobak, dan 60 tenda yang seragam. Di zona itu tidak ada produk yang sama.

“Kuliner kita tekankan higenisnya, keramahan, kebersihannya dengan harga terjangkau. Pedagang kita berikan sarana, seperti, gerobak, tenda, bangkutlistrik. Bagi para pedagang hanya cukup bawa dagangan saja,” ujarnya.

Pasar Kuliner Malam Simpang Kandang, buka mulai pukul 18.30 hingga 24.00 WIB. Menyajikan beragam menu kuliner, seperti Iontong, kebab, nasi sup, gado-gado, soto, sate, pisang keju dan berbagai macam gorengan dan minuman.

Sedangkan salah seorang pedagang Kuliner malam Simpang Kandang, Ujang mengatakan kehadiran Pasar Kuliner Simpang Kandang yang dibuat Disperindag Kota Padang sanggat membantu perekonomian keluarganya. (*)

Check Also

Jelang Closing Ceremony APG Pukul 11.00WIB Jalan Seputaran GBK Ditutup

Jakarta, (LN),- Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan melakukan rekayaksa lalu lintas (lalin) di beberapa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *