Home / ---- / DKK Padang Tingkatkan Pelayanan, Benahi Pembangunan Fisik Puskesmas dan Kebutuhan Obat-obatan

DKK Padang Tingkatkan Pelayanan, Benahi Pembangunan Fisik Puskesmas dan Kebutuhan Obat-obatan

Padang (LN)—Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui program kerja yang ada.

Melakukan pembenahan terhadap fisik bangunan puskesmas, alat kesehatan (Alkes), obat obatan bahkan ambulan.

Hal itu disampaikan kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang melalui kepala Bidang sumber daya kesehatan, Dra. Novita Latina didampingi Zulhaswita sebagai Kepala istalasi farmasi, diruang kerjanya, Jumat (10/8)

Dikatakannya, Pada tahun 2018 ini, DKK Padang mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp10,8 milyar.

Dana tersebut digunakan untuk beberapa kegiatan seperti pengadaan obat-obatan, alat kesehatan (Alkes), pembangunan fisik puskesmas dan pengadaan ambulan sebanyak 4 unit.

Dijelaskannya, Untuk kegiatan Alkes dan pengadaan ambulan sudah selesai, sedangkan kegiatan fisik dan obat obatan sedang berjalan.

Sampai bulan Juli 2018 ini, Serapan DAK sudah mencapai 44 persen, terang Novita.

Kegiatan yang menggunakan DAK haruslah terkontrak, batas terakhir pada 21 juli 2018. Apabila pada tanggal ditetapkan masih belum terkontrak, maka dana tersebut haruslah dikembalikan, jelasnya.

Jika dibandingkan dengan  tahun sebelumnya, DAK TA.2018 mengalami penurunan. Karena pada 2017 lalu, DKK Padang mendapatkan DAK sebesar Rp22 milyar.

 

OBAT OBATAN NON KATALOG DIBAGIKAN UNTUK 23 PUSKESMAS DI KOTA PADANG

Pengadaan belanja bahan obat obatan bertujuan agar terpenuhinya kebutuhan obat Non katalog di Puskesmas sesuai dengan pola penyakit.

Untuk kegiatan itu, dialokasikan dana sebesar Rp 3.879.843.000. Dan dari lelang LPSE ULP kota padang, ditunjuk PT. HERNITA JAYA sebagai pemenang dengan harga penawaran sebesar Rp1.183.826.000, terangnya.

Penggadaan sudah dimulai sejak 8 juni 2018, dan berakhir pada 8 November 2018 mendatang, ucap Novita yang dianggukan oleh ita.

Lebih jauh Novita menjelaskan, Ada sebanyak 18 item obatan obatan, dan 10 item obat  tersebut sudah didatangkan dan disimpan di gudang farmasi DKK Padang.

Selanjutnya obat obatan itu akan disalurkan ke 23 puskesmas yang ada di kota Padang sesuai dengan permintaan.

Karena pada tiap bulannya, puskesmas melaporkan kebutuhannya kepada DKK Padang. Dengan berdasarkan hal itu maka obat obatan diberikan, paparnya.

 

DKK PADANG GENCAR LAKUKAN PEMBANGUNAN FISIK PUSKESMAS

Dari DAK.Reguler-2018 ada 2 kegiatan fisik yang dilakukan diantaranya Pembangunan Puskesmas Andalas dan puskesmas Pauh

Sementara yang lainnya, dikerjakan melalui dana APBD Kota Padang TA.2018 diantaranya, Pembangunan ruangan BP gigi,ruangan KIA,ruangan Lansia Puskesmas Lapai (Rp423.698.000), pembangunan Puskesmas Pengambilan (Rp1.923.311.000),

Belanja Modal Pembangunan Puskesmas Pembantu Kalumbuk kuranji (Rp212.000.000), Belanja Modal Pengadaan Konstruksi/Instalasi Air Limbah-Pengadaan IPAL Puskesmas Kota Padang Jl Bagindo Aziz Chan By Pass (Rp1.700.399.910) dan pematangan lahan puskesmas di Lolong belanti dikerjakan (Rp1.239.376.150).

 

#Fit

Check Also

Satker SNVT PNP Sumbar Bangun Rusun Mahasiswa, PT. Robinson Komit Tuntaskan Sesuai Jadwal

Padang (LN)—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI terus mendorong pembangunan rumah susun sewa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *