Home / ---- / Dorong Percepatan Kemajuan Mentawai, PJN I Sumbar Alokasikan Dana Rp104 M untuk Pembangunan Jalan dan Jembatan

Dorong Percepatan Kemajuan Mentawai, PJN I Sumbar Alokasikan Dana Rp104 M untuk Pembangunan Jalan dan Jembatan

Padang (LN)–Kepulauan Mentawai merupakan salah satu daerah/kabupaten di provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang menjadi prioritas pembangunan.

Dasarnya, dari 19 kab/kota yang ada di Sumbar, kab. Mentawai termasuk salah satu daerah/kabupaten tertinggal.

Pemerintah pusat bersama pemerintah provinsi Sumbar berkomitmen memajukan Kab. Mentawai dengan mendorong pembangunan infrastruktur.

Salah satu sektor penting, yakni pembangunan jalan dan jembatan sebagai akses penghubung transportasi darat.

Kementrian pekerjaan umum dan pemukiman perumahan (PUPR) RI, melalui Satker Pelaksana Jalan Nasional (PJN) I Provinsi Sumatera Barat mengalokasikan dana APBN lebih kurang ratusan milyar untuk pembangunan jalan/jembatan di kab. Mentawai.

Seperti yang dijelaskan Kepala Satker PJN I Sumbar, melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.6, Nova Heryanto kepada media beberapa hari lalu di Padang.

Dikatakan Nova, “untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Mentawai pada tahun anggaran (TA) 2018 ini meliputi pembangunan jalan, jembatan, pelebaran jalan dan beberapa fasilitas umum lainnya.

Apabila dirinci, ada 4 paket pekerjaan yang terdiri dari 3 paket pembangunan jembatan ditambah 1 paket pembangunan jalan, dengan alokasi anggaran sekitar Rp104 milyar yaitu,

1. Peningkatan Jembatan Takuman Cs Kepulauan Mentawai III dengan pagu Rp. 29.187.700.000,-

2. Penggantian Jembatan Sijokjok CS Kepulauan Mentawai I/ PN dengan pagu Rp. 34.810.001.088,-

3. Penggantian Jembatan Silaoinan Cs Kepulauan Mentawai II dengan pagu Rp. 29.187.700.000,-

4. Conservasi dan Pelebaran Jalan Tuapejat-Rokot-Sioban – Katiet dengan pagu Rp.24,6 Milyar

Melalui program yang ada, maka diharapkan dapat mengejar ketertinggalan kab. Mentawai selama ini dari daerah lainnya, sampai Nova.

Untuk itu, kami berharap kepada semua pihak untuk dapat mendukung kegiatan itu, harapnya.

Terakhir Nova mengatakan, dana yang dibutuhkan untuk keperluan pengembangan atau pembangunan daerah Mentawai masih belum cukup, kalau dilihat dari kondisi Kab. Mentawai saat ini.

(Fh)

Check Also

KPU Sumbar Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi DPS

Padang (LN)—Dalam rangka penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Komisi Pemilihan Umum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *