Home / ---- / DPRD Kota Padang, (Bimtek) Di Dampingi 15 Orang Staf

DPRD Kota Padang, (Bimtek) Di Dampingi 15 Orang Staf

PADANG (LN)—Anggota DPRD Kota Padang mengikuti kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka memaksimalkan fungsi kedewanan di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat pada 27 hingga 31 Maret 2016. Pakar politik menegaskan, setelah pelatihan, anggota dewan mampu lebih berkontribusi pada kota.

Tema Bimtek, memaksimalkan fungsi dewan dalam menghadapi pelaksanaan pertanggungjawaban Wali Kota Padang tahun 2015. Ketua DPRD Kota Padang, Erisman mengatakan, materi-materi yang diberikan dalam kegiatan bimtek SDM tersebut diantaranya, tugas dewan dalam pengawasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). “Tugas desentralisasi fiskal, tugas umum pemerintahan, tugas dana pembantuan dan tugas dana desentralisasi,” kata Erisman, kemarin (28/3).

Rombongan staf sekretariat yang “gemuk” ini jelas berdampak pada pemborosan anggaran.Buktinya, Sekretrariat DPRD Padang membawa 15 staf mendampingi anggota dewan mengikuti Bimbingan Teknis dan SDM, 27-31 Maret di Jakarta. Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah Mengistrusikan Agar¬†Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemko Padang, dapat melakukan efesiensi dalam menggunakan anggaran daerah, namun instruksi tersebut tetap diabaikan, Pengamat kebijakan publik, Eka Vidya Putra menyayangkan langkah Sekretariat DPRD Padang membawa rombongan besar untuk mendampingi 42 anggota dewan yang mengikuti Bimtek SDM.

“Harusnya staf yang mendampingi tidak sebanyak itu. Kalau seperti ini ada kesan jalan-jalan terkait keberangkatan staf sekretariat DPRD Padang,” tegas Eka.

Bekerjsama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Krisnadwipayana, anggota DPRD Padang mengikuti kegiatan Bimtek SDM.

Sekretaris DPRD Padang, Ali Basar menerangkan sesuai yang diatur UU, anggota harus mengikuti bimbingan teknis untuk peningkatan SDM dan memaksimalkan fungsi anggota DPRD Padang. Selain itu, bimtek juga bertujuan menambah wawasan dan keilmuan anggota DPRD 2014-2019 termasuk tugas pokok dan fungsinga sebagai wakil rakyat.(Aad)

Check Also

Dandim 0312/Padang Tanam pohon di Pesantren Modern Terpadu Prof. Dr. Hamka By pass Padang.

Padang (LN)–Kodim 0312/Padang. Menanam pohon itu mudah, yang sulit adalah bagaimana kita menjaga dan merawatnya. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *