Home / ---- / Dua Kursi di DPRD Padang Masih Kosong

Dua Kursi di DPRD Padang Masih Kosong

Padang (LN) – Muhidi, Wakil Ketua DPRD Kota Padang, mengatakan tidak akan menunda proses Penggantian Antar Waktu (PAW) dua anggota dewan, setelah semua tahapan telah selesai.

“Beberapa proses kan telah dilalui, jika semuanya selesai, kami tidak akan menunda pelantikannya” kata Wakil Ketua DPRD Kota Padang ini.

Sekarang ini, terdapat dua kursi anggota DPRD Padang masih kosong, sehingga hanya 43 dari 45 anggota dewan saja yang aktif menjalankan fungsi dan tugas kedewanannya.

Selain itu, Muhidi juga menyampaikan bahwa dua kursi yang akan diisi itu, ialah PAW M Dinul Akbar yang meninggal dunia beberapa waktu lalu dan PAW Nuzul Putra yang diberhentikan dari partai yang menaunginya yakni PDIP. Saat ini DPRD masih menunggu Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumbar,” ujarnya lagi.

Menurut Muhidi, setelah SK itu diterima maka DPRD Padang akan mengagendakan pelantikan agar kekosongan kursi dewan dapat segera terisi kembali.

Muhidi menyampaikan kekosongan dua kursi anggota dewan itu sebenarnya tidak menghambat kinerja anggota DPRD yang lainnya dan agenda-agenda terlaksana sesuai yang diharapkan.

Namun tentu akan lebih baik jika anggota lengkap 45 orang. Kami harap SK itu bisa segera diterima dan pelantikan segera dilaksanakan,” jelasnya.

Terkait nama yang akan mengisi kekosongan itu ialah sesuai urutan jumlah perolehan suara pada pemilu legislatif 2014.

Untuk peraih suara terbanyak setelah M Dinul Akbar ialah Miswar Jambak. Sedangkan pengganti Nuzul Putra yang berasal dari PDIP ialah Aprianto.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menetapkan Aprianto sebagai anggota PAW menggantikan Nuzul Putra di DPRD setempat dalam pleno yang telah dilaksanakan pada Selasa (12/4) lalu.

Ditempat terpisah, Koordinator Divisi Hukum KPU Padang, Riki Eka Putra mangatakan, berdasarkan data peraih suara terbanyak kedua di daerah pemilihan Padang IV, yakni Kecamatan Padang Selatan dan Padang Timur dari PDI Perjuangan hasil pemilu legislatif 2014.

Lebih lanjut, Riki Eka Putra mengatakan peraih suara terbanyak kedua berdasarkan data KPU ialah atas nama Aprianto dan sama dengan catatan perolehan suara PDIP sebagaimana tertulis dalam surat yang dikirimkan partai tersebut ke KPU. (**)

Check Also

PSBB Sumbar Diperpanjang Hingga 7 Juni 2020, Hanya Bukittinggi News Normal

Padang (LN)—Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diperpanjang oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat hingga 7 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *