Home / ---- / Dukung Pemberian Gelar Pahlawan Nasional Untuk Rohana Kudus, Pelopor Jurnalis Indonesia dari Kab. Agam

Dukung Pemberian Gelar Pahlawan Nasional Untuk Rohana Kudus, Pelopor Jurnalis Indonesia dari Kab. Agam

Padang (LN)–Bupati Agam Memberikan Sambutan Saat Seminar Nasional gelar Pahlawan untuk Rohana Kudus.

Salah satu pelopor jurnalis Indonesia, Rohana Kudus, diusulkan menjadi pahlawan nasional dari Kabupaten Agam, Sumatra Barat.

Rohana dinilai berperan sangat besar di bidang pendidikan dan jurnalistik.

Mendukung upaya Rohana Kudus jadi pahlawan nasional, Rabu (27/3) di Auditorium Gubernuran Padang,

Organisasi Rohana Kudus bersama Pemprov Sumbar dan Agam menggelar seminar nasional, dengan  menghadirkan tiga narasumber. Mereka adalah pejabat Kementerian Sosial, Afni, Ketua LIPI, Prof Taufik Abdullah, dan Dosen FIB Unand, Yenni, PHd.

Juga hadir Gubernur Sumbar diwakili Sekda Aliasmar, Bupati Agam H. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, Pembina Organisasi Rohana Kudus, Ny. Nevi Irwan Prayitno, Sejarahwan Sumbar, para praktisi, tokoh agama, guru, dan mahasiswa.

Sebelum Rohana Kudus, Pemrov Sumbar sudah mengusulkan 10 nama tokoh Sumbar, 4 diantaranya berasal dari Kabupaten Agam, diantaranya Syeikh Sulaiman Ar-Rasuli, Mandeh Siti Manggopoh, M. Saleh Dt. Rajo Pangulu, dan Haji Abdul Manan.

Seminar nasional adalah syarat wajib untuk pengusulan pahlawan nasional, selain buku tentang tokoh tersebut. Ketua Organisasi Rohana Kudus, Yulia Fauzia menyebutkan, buku biografi Rohana Kudus telah selesai disusun dari berbagai sumber oleh sejarawan Sumbar Prof Mestika Zed.

Bupati Agam mengatakan, Kabupaten Agam dikenal sebagai pusat industri otak, yang sudah mampu melahirkan puluhan, bahkan ratusan tokoh yang mendapatkan pengakuan dari tingkat nasional maupun dunia.

Di bidang Agama, Agam memiliki Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, Buya Hamka, dan tokoh lainnya. Bidang perjuangan pergerakan, ada nama Tuanku Nan Renceh, Mandeh Siti,dan Haji Abdul Manan.

Di bidang politik pemerintahan, antara lain Haji Agus Salim, Soetan Syahrir, dan Abdoel Muis.

Sedangkan di bidang sosial kemasyarakaan, terdapat nama Rohana Kudis, dan Rusuna Said.

Khusus terhadap sosok Rohana Kudus, Ia  merupakan sosok perempuan Minangkabau yang mempunyai banyak kepandaian, yang telah mempelopori emansipasi kaum perempuan.

“Tidak hanya seorang jurnalis, Rohana Kudus juga seorang guru, pendiri sekolah pada tahun 1911, wirausaha, dan pemimpin redaksi dibeberapa surat kabar.

Namun, Ia juga tidak melepaskan kodrat sebagai seorang perempan yang tetap pada koridornya. Bahwa menurutnya, perempuan harus bisa menjalankan peran dan fungsinya sebagai perempuan yang bermartabat dan berilmu pengetahuan.

“Rohana bisa menjahit, menyulam, dan memasak. Maka kami menyebutkan bahwa Rohana Kudus adalah Perempuan Jombang,” jelas bupati.

Untuk itu saya berharap melalui seminar ini, pengusulan Gelar Pahlawan Nasional untuk Rohana Kudus benar-benar dapat terwujud,” pinta bupati.

Sementara itu, Sekda Pemprov Sumbar, Aliasmar, menyatakan pihaknya mengapresiasi dan memberi dukungan penuh terhadap rencana pengusulan Rohana Kudis sebagai Pahlawan Nasional.

“Apa yang bisa provinsi lakukan, apakah itu fasilitasi dan segalanya, akan kami siapkan. Kami mendukung penuh secara konkret upaya ini,” tandasnya. (IF/AMC)

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *