Home / ---- / Dukung Unand Menuju World Class University, BWSS V Sumbar Bangun Jaringan Pipa Transmisi untuk Ketersediaan Air Bersih

Dukung Unand Menuju World Class University, BWSS V Sumbar Bangun Jaringan Pipa Transmisi untuk Ketersediaan Air Bersih

Padang (LN)–Universitas Andalas (Unand) dari tahun ke tahun semakin mengalami perkembangan yang cukup signifikan, terutama dalam hal pembangunan infrastrukturnya.

Seperti terlihat, pembangunan gedung Rumah Sakit, serta penambahan beberapa gedung fakultas serta sarana dan prasarana lainnya.

Kondisi ini akan menjadi masalah apabila ketersediaan  air tidak mencakupi untuk kebutuhan yang ada.

Guna mengantisipasi permasalahan tersebut, perlu adanya pengembangan sumber air bersih sampai 20 tahun kedepan sehingga tercapainya Unand menjadi World Class University.

Untuk mendukung itu, maka pada tahun anggaran (TA) 2018 Kementrian PUPR Dirjen SDA, melalui BWSS V Sumbar  telah dilaksanakan pekerjaan pembangunan jaringan pipa transmisi sepanjang ±400 meter.

Dan program itu akan dilanjutkan kembali pada TA. 2019 ini, melalui kegiatan Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku Kawasan Limau Manis (Lanjutan) di Kota Padang.

Hal itu disampaikan, Kepala BWSS V Sumbar, melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Air Tanah dan Air Baku II SNVT PJPA WS. IAKR Prov. Sumatera Barat, Rainul Penaungan di Padang.

Penyediaan jaringan pipa  transmisi air baku untuk  daerah  tersebut direncanakan akan dikembangkan dari Intake cekdam Batang Kuranji dengan jaringan pipa transmisi sepanjang 3,9 km dan kapasitas 80 liter/detik, jelasnya.

Melalui penambahan layanan air bersih di kampus Unand ini maka kebutuhan air dapat terpenuhi sebagaimana mestinya.

Disampaikannya juga, Pembangunan Pipa Transmisi Air Baku, dan Jembatan Pipa Transmisi sudah dilakukan pada TA. 2017 lalu. Dilakukan dalam 2 tahap, yakni tahap. 1 dengan pembiayaan sebesar Rp1.884.447.000 (23,9 persen) dan tahap. 2 sebesar Rp5.500.000.000 (76,1 persen)

Dan Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku Kawasan Limau Manis diLanjutankan pada TA. 2019 ini dengan pagu anggaran sebesar Rp4.895.000.000.

Adapun impact yang hasilkan, bertambahnya kapasitas air bersih di lingkungan Universitas Andalas dan Kecamatan Limau Manih sehingga diterimanya air baku sebesar 80 liter/detik oleh masyarakat kampus Unand, harap Rainul.

 

 

#fit

Check Also

DPUPR Kab. Pessel Tingkatan Jalan Kec. Ranah Pesisir, Alokasikan Dana Rp946 Juta untuk Jalan Sepanjang 3 Km

Pessel (LN)—Kabupaten Pesisir Selatan merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Sumatera Barat yang sebagian besar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *