Home / ---- / FORMMA Ujuk Rasa Tolak Program HTIndustri Siberut

FORMMA Ujuk Rasa Tolak Program HTIndustri Siberut

SUMBAR, PADANG (LN)–Puluhan mahasiswa asal Mentawai, berunjuk rasa di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Barat, di Padang, Rabu (13/9) pagi. Mereka menolak program Hutan Tanaman Industri (HTI) di Pulau Siberut, Mentawai, karena merampas tanah ulayat masyarakat. Selain itu, pelaksanaan Hutan Tanaman Industri (HTI) juga mengakibatkan banjir di wilayah tersebut.

Puluhan mahasiswa Mentawai yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Mentawai (FORMMA), berunjuk rasa di kantor Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Barat. Mereka menyatakan penolakan pelaksanaan program Hutan Tanaman Industri di Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, seluas 30.000 hektar. Pada saat yang sama, sedang berlangsung rapat pembahasaan analisa dampak lingkungan Hutan Tanaman Industri (HTI) di kantor Dinas Lingkungan Hidup tersebut.

Menurut mahasiswa, program HTI, hanya menimbulkan kesengsaraan rakyat. Sebab, perusahaan akan merampas tanah ulayat warga mentawai dengan dalih pembangunan. Selain itu, program ini juga akan merusak lingkungan alam yang masih asri di mentawai. Saat ini saja, lokasi hutan tanaman industri tersebut sedang dilanda banjir, karena penebangan liar.

“HTI ini hanya merugikan masyarakat Mentawai karena mereka merampas tanah ulayat kami. Kemudian juga merusak lingkungan sehingga menyebabkan banjir,” kata Adi Bing Slamet, koordinator aksi.

Puluhan Mahasiswa Mentawai Unjuk Rasa Tolak Hutan Tanaman Industri di Padang

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Barat, Siti Aisyah, menjelaskan kepada para pengunjuk rasa, bahwa semua prosedur sudah ditempuh oleh PT Biomass Andalan Energi, selaku perusahaan yang memenangkan tender pelaksanaan program HTI tersebut. Namun massa tidak puas dengan jawaban tersebut, sehingga dilanjutkan dengan dialog tertutup antara Kepala Dinas Lingkungan Hidup dengan para pengunjuk rasa.

 

#cakrawala/dio/Rul

Check Also

Berikan Pelayanan Maksimal Kepada Masyarakat, Gedung Penyuluhan KB Kec. Padang Utara Dibangun

PADANG (LN)—Kantor camat Padang Utara kini semakin lengkap dengan dibangunannya gedung penyuluhan Keluarga Berencana (KB). …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *