Home / ---- / Genjot Mutu Pendidikan, STAI-YASTIS Terapkan Langkah Jitu dan 8 Prinsip Manajemen

Genjot Mutu Pendidikan, STAI-YASTIS Terapkan Langkah Jitu dan 8 Prinsip Manajemen

STAI YASTISPADANG (LN)–STAI YASTIS didirikan pada 10 April 1997, dan bernaung di bawah Yayasan Tarbiyah Islamiyah Padang disingkat YASTIS (Akta Notaris Helmi Panuh, SH, nomor : 57 tanggal 29 September 1993, bertempat kedudukan di Padang).

Sebelumnya perguruan tinggi ini bernama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT). Pada 4 April 1994, YASTIS telah menerima penyerahan sepenuhnya atas pembinaan dan pengelolaan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah dari DPD Tk. I Persatuan Tarbiyah Islamiyah Sumatera Barat melalui surat Nomor: 90/DPD-I-Tarbiyah/SB/IV/1994.

STAI YASTIS3STAI YASTIS berstatus TERDAFTAR pada Departemen Agama RI di Jakarta untuk Program Studi S.1. perubahan nama dan pemberian status ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam No. E/44/1997 tanggal 10 April 1997. Saat ini STAI YASTIS bernaung di bawah binaan KOPERTAI Wilayah VI Sumatera Barat-Kerinci sesuai Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor: Dj.II/16/2006 tanggal 30 Januari 2006.

Civitas Akademika STAI YASTIS Foto Bersama dengan Asesor, saat tim asesor dari BAN PT datang mengunjungi STAI Yastis untuk visitasi lembaga dan jurusan 2015.

Visi dan Misi

Visi STAI YASTIS adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi Islam yang prima (excellence). Adapun Visi Program Studi PAI STAI YASTIS Padang adalah menjadi Program Studi yang mampu melahirkan pendidik yang ahli dalam bidang agama.

1. Merencanakan, menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Islam secara terpadu dan berwawasan kebangsaan;

2. Mengusahakan dan melaksanakan pembangunan sarana, prasarana dan fasilitas fisik yang berkaitan dengan proses penyelenggaraan kegiatan pendidikan, sosial keagamaan, dakwah Islamiyah dan kesehatan;

3. Mendirikan dan mengembangkan usaha-usaha lain yang berkaitan erat dengan pengembangan pendidikan dan keterampilan bagi generas muda.

Tujuan : Sebagai sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam, STAI YASTIS bertujuan mempersiapkan Sarjana Muslim yang beriman, berilmu serta bertaqwa kepada Allah SWT., serta berupaya membantu pemerintah dalam mencerdaskan dan meningkatkan harkat dan martabat bangsa melalui pendidikan tinggi.

Strategi :

1. Pengembangan Sumberdaya Manusia
2. Perbaikan dan pengembangan kualitas pendidikan
3. Perbaikan sarana, prasarana dan fasilitas pendidikan
4. Pengembangan jaringan kemitraan kependidikan

Langkah-langkah STAI-YASTIS Padang dalam mengenjot mutu pendidikan, pertama memprioritaskan peningkatan akreditasi, saat ini STAI-YASTIS Padang telah terakreditasi B dari BAN PT tepatnya tanggal 2 Mei 2015 lalu, kedua telah berhasilnya STAI-YASTIS Padang mengisi data EMISI dan mengisi pangkalan data DIKTI, tiga STAI-YASTIS Padang senantiasa meningkatkan mutu dosen yiap tahunnya, keempat selalu melakukan kerjasama antar peguruan tinggi,

Kelima, komikmen untuk mentaati rambu-rambu yang di berikan oleh kementrian agama RI seperti tidak membuka perkulihan kelas-kelas jauh dan tidak mengajarkan ajaran radikalisme, keenam meningkatkan mutu lulusan STAI-YASTIS Padang, ketujuh meningkatkan mutu pendidikan melalui memperbaiki kinerja pimpinan dan staf STAI-YASTIS Padang.

Adapun delapan prinsip manajemen yang di terapkan oleh STAI-YASTIS Padang adalah pelayanan yang baik kepada pelanggan, kepemimpinan yang baik, melibatkan semua personil, pendekatan system, perbaikan yang berkesinambungan, keputusan di ambil berdasarkan fakta, selalu menjaga hubungan baik dengan stek holder, imbuh ketua STAI-YASTIS Padang Drs.Nasril M.Pd.

Hal senada juga di anggukkan oleh Ketua Pengurus Persatuan Tarbiyah Islamiyah Sumbar H.Boy Lesrtari dan ketua yayasan Tarbiyah Islamiyah Kota Padang Prof.Dr.H.Salmadanis,MA.

Dan pada 2 april ini STAI-YASTIS Padang telah mewisuda sebanyak 76 orang wisudawan dan wisudawati, ini merupakan wisuda ke 14. (dn)

Kampus STAI YASTIS Padang
Jln. Pramuka IV No. 2 Khatib Sulaiman Padang,
Telp. 0751-7054551

Check Also

PSBB Sumbar Diperpanjang Hingga 7 Juni 2020, Hanya Bukittinggi News Normal

Padang (LN)—Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diperpanjang oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat hingga 7 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *