Home / ---- / Gubernur Buka Jambore Koperasi Pemuda Tingkat SLTA se-Sumbar di Bumi Perkemahan Pagaruyung Tanah Datar

Gubernur Buka Jambore Koperasi Pemuda Tingkat SLTA se-Sumbar di Bumi Perkemahan Pagaruyung Tanah Datar

Batusangkar (LN)—Jambore koperasi hendaknya dapat memunculkan kaderisasi yang mengenal koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada acara pembukaan Jambore Koperasi Pemuda tingkat SLTA se-Sumbar di Bumi Perkemahan Pagaruyung, Tanah Datar, Kamis (20/7).

Lebih jauh dijelasakannya, jambore koperasi ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya dari pemerintah daerah dalam menanamkan prinsip dan nilai-nilai koperasi pada generasi muda sejak awal sehingga ekonomi masyarakat dapat menggeliat di tengah kondisi yang agak menurun dan tertinggal saat ini,”.

Apabila koperasi dikelola dengan sungguh-sungguh, maka akan dapat mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran, serta bisa membuka lapangan pekerjaan bagi generasi muda, terang Irwan.

Sedangkan, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengapresiasi pihak Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sumbar bersama Dinas Koperasi dan UKM Sumbar yang telah menggagas kegiatan jambore koperasi bagi pemuda ini.

Di Tanah Datar ini, tercatat ada sebanyak 229 unit koperasi terdiri dari koperasi aktif sebanyak 206 unit dan 27 koperasi diantaranya adalah koperasi pelajar dan mahasiswa.

“Kita mendorong akan lahir kader koperasi dari kegiatan jambore ini sebagai pemegang tongkat estafet perjuangan koperasi di masa depan,” ujarnya.

Ketua Panitia Jambore Koperasi Pemuda se-Sumbar, Mirwan Pulungan mengatakan acara ini digelar dalam rangkaian memperingati Hari Koperasi ke 70 yang berlangsung pada 19 sampai 22 Juli 2017 di Pagaruyung, Tanah Datar.

“Kegiatan Jambore Koperasi Pemuda ini diikuti oleh kontingen perwakilan dari 18 kabupaten/kota, terdiri dari 20 orang peserta dan 2 orang pendamping,” sebutnya.

Peserta jambore akan mengikuti perlombaan perkoperasian diantaranya lomba tenda, penyuluhan koperasi, simulasi rapat anggota, ceramah, pidato, dan debat koperasi.

Acara pembukaan yang berlangsung meriah dengan tarian kesenian daerah itu dihadiri Direktur Perencanaan dan Keuangan Pengurus Dekopin Pusat, Abdul Wahab, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra, Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama, dan para tokoh koperasi di Sumbar. (*)

Check Also

Peringatan Hari Bhakti PUPR Ke-73 di Gd. Sate Bandung, Menteri Basuki Unjuk Kebolehan

BANDUNG  (LN)- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono membuka acara peringatan Hari Bakti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *