Home / ---- / Hanya 9 Parpol Lolos Ambang Batas Parlemen 4 Persen

Hanya 9 Parpol Lolos Ambang Batas Parlemen 4 Persen

Jakarta (LN)–Pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dilakukan secara serentak merupakan hal pertama dilakukan di Indonesia.

Yangmana, rakyat Indonesia akan memilih wakil rakyat DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan DPD serta presiden dan wakil presiden dalam hari yang sama, Rabu 17 April 2019.

Pemilih akan mendapat lima surat suara Pemilu 2019 sekaligus. Kelima surat itu masing-masing berbeda warna dan fungsinya.

Pertama, surat suara warna abu-abu, diperuntukkan bagi surat suara calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2019. Kedua, surat suara kuning untuk anggota DPR. Ketiga, surat suara biru untuk pemilihan legislatif DPRD Provinsi.

Keempat, surat suara hijau untuk pemilihan DPRD kabupaten atau kota. Khusus untuk DKI Jakarta, tidak akan menerima surat suara berwarna hijau lantaran DKI Jakarta tidak memiliki DPRD Kabupaten atau kota. Terakhir, surat suara berwarna merah untuk pemilihan legislatif DPD.

Ikuti perkembangan berita terkini pencoblosan Pemilu Serentak 2019 dari sejumlah daerah secara langsung dalam Live Report di Liputan6.com

Hasil hitung cepat atau quick count Pileg 2019 yang dibuat Poltracking Indonesia menunjukkan, hanya sembilan partai politik (parpol) yang akan lolos ke ambang batas parlemen sebesar 4%. Sebanyak tujuh parpol tercatat tidak dapat melenggang ke Gedung DPR RI.

Berdasarkan quick count dengan suara masuk 51,45%, tujuh parpol yang diperkirakan tak lolos ambang batas parlemen adalah Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Beringin Karya (Berkarya), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kemudian, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

#Red

Check Also

Puluhan Pendekar Minang Unjuk Kebolehan di Pesta “Baralek” Keluarga Besar Evi Yandri

Padang (LN)—Para pendekar minang dari berbagai perguruan/sasaran di kota Padang melakukan atraksi, memperlihatkan kebolehannya pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *