Home / ---- / Hari Air Dunia 2016 : Menanamkan Rasa Pelestarian Air Sejak Dini

Hari Air Dunia 2016 : Menanamkan Rasa Pelestarian Air Sejak Dini

PADANG (LN)–Dalam rangka memperingati hari dunia XXIV Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumbar tanamkan rasa untuk melestarikan air sejak dini. Untuk itu, PSDA menggelar sejumlah perlombaan yang melibat anak-anak.

Hari air dunia, bertepatan dengan 22 Maret 2016. Perlombaan dimulai dengan lomba menggambar tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kota Padang, Kamis (7/4). Perlombaan tersebut dibuka langsung Gubernur Irwan Prayitno, diawali dengan upacara bendera.

Plt. Kepala Dinas PSDA Sumbar, Rifda dalam kesempatan itu mengatakan, panitia sengaja melibatkan anak-anak dalam pelestarian air. Karena anak-anak masih polos, ke depan menjadi generasi penerus yang akan menghuni bumi ini.

“Jika sudah ditanamkan rasa melestarikan air sejak dini, kita harapkan di masa depan mereka akan lebih peduli untuk pelestarian air,” sebut Rifda.

Peserta lomba mewarnai tingkat TK dan menggambar tingkat SD berjumlah 150 siswa, lomba pidato tingkat SMP 50 siswa, tingkat SMA 50 siswa.

Selain itu, PSDA juga menggelar, kampanye peduli air, perlombaan di antaranya, lomba mewarnai tingkat TK, lomba menggambar tingkat SD, dan lomba pidato tingkat SMP dan SMA se-Kota Padang.

Selain perlombaan juga ada aksi sosial, seperti, donor darah, penanaman pohon bersama di daerah aliran sungai (DAS) Batang Kuranji dan program kali bersih dan seminar dengan tema air.

Gubernur Irwan Prayitno mengatakan, paradigma pengelolaan sumber daya air telah bergeser dari social oriented menjadi profit oriented. Air bukan lagi menjadi barang sosial yang didapat dengan mudah, namun sudah menjadi barang berharga.

Untuk itu, potensi sumber saya air, sungai, danau, irigasi dan pantai Sumbar harus dikelola secara profesional dari generasi ke generasi. Sehingga keberadaan sumber daya air yang besar itu dapat tetap terjaga.

‘’Air merupakan sumber kehidupan manusia, untuk itu kita berharap semoga kegiatan ini dapat menyadarkan generasi muda kita untuk mengetahui pentingnya air, bagaimana menghemat air dan menjaga ketersediaan air,” katanya.

Dengan momentum peringatan hari air dunia 2016 dapat meningkatkan peran aktif Dinas PSDA. Terutama dalam berkoordinasi dengan kabupaten/kota.

“Kami berharap murid sekolah teruslah belajar dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, memiliki ide, pencerahan dan implementasi penyelamatan air,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan itu, Mantan Kepala Dinas PSDA, Ali Musri, Anggota Dewan Sumber Daya Air Sumbar, Perwakilan Balai Wilayah Sungai V, Kepala PDAM Kota Padang, Para Guru dan murid-murid SD, SMP, dan SMA se Kota Padang. (*)

Check Also

Bobot Proyek Renovasi dan Perluasan Gedung Kantor PN Padang Minus, PT. LPI Terancam Kena SP-1

Padang (LN)—PT. LAGA PRATAMA INTERINDO (LPI) terancam mendapatkan Surat Peringatan pertama (SP.1) oleh Pengadilan negeri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *