Home / ---- / Heboh, Suami Kadis Koperindak Agam Tersandung Kasus Penambangan Ilegal

Heboh, Suami Kadis Koperindak Agam Tersandung Kasus Penambangan Ilegal

Agam (LN)–Team Gabungan Polres Agam menciduk “F” suami dari salah seorang kepala Dinas Koperindak Agam dalam kasus penambangan ilegal tanpa izin di daerah Sungai Duku Jorong Bamban Nagari IV Koto Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam.

Ia merupakan satu dari tiga orang yang di gelandang ke Mako Polres Agam, Rabu sore (9/8).

Ketiga tersangka yang di duga melakukan tindak pidana penambangan secara ilegal.adalah F (51) warga Jorong Pasar Palembayan yang merupakan suami dari kepala Dinas di salah satu instansi di Kabupaten Agam, kemudian pelaku berinisial A (48) ,warga Jorong Bamban Nagari IV Palembayan, Kecamatan Palembayan, PI (37) Warga Bamban.

Pengungkapan kasus tersebut di warnai dengan aksi melarikan diri dari pemilik tambang yang juga suami dari seorang dari pejabat di kabupaten Agam.pemilik yang bernisial F sempat melarikan diri saat team melaksanakan makan malam dan saat pada sholat magrib di palembayan.

Namun yang tersangka menyerahkan diri kembali ke Mako Polres Agam setelah istri yang bersangkutan selaku Kepala Dinas yang juga mantan Sorang Camat di palembayan di interogasi mengenai keberadaan yang bersangkuatan.saat ini ke tiga orang pelaku telah di lakukan penahanan sesuai dengan SOP Adminitrasi penyidikan.

Kepala Kepolisian Resor Agam, Kaplores Agam AKBP Ferry Suwandi. Sik melalui Kasat Reskrim Iptu Muhamad Reza, kamis mengatakan, ketiganya di tangkap sedang melakukan penambangan di sungai Duku Jorong bamban.

“Penangkapan pelaku berdasarkan informasi dari masyarakat dari informasi itu anggota kemudian melakukan penyeledikan. Setelah di pastikan aktivitas itu.team gabungan yang terdiri dari SatReskrim,SatIntelkam,bintara remaja dan Sat Pol. PP Menuju lokasi. Team ini langsung di bawah komando Kasat Reskrim Iptu Muhamad Reza dan Kasat Intelkam AKP Malkani. dikatakannya, sebelum penertipan di lakukan konsolidasi cara bertindak di Mako Polres Agam dengan kekuatan 30 orang personil.

Benar salah seorang penambnag tersebut suami pejabat.Mereka menambang dengan menggunakan mesin dompeng .tidak ada izin dan melanggar pasal 158 UU Nomor 4 Tahun 2009 Tentang pertambangan Minerba, katanya.

Ia menjelaskan ketiga sudah diamankan di mapolres Agam untuk penyedikan selanjutnya. “F” merupakan pemilk dan pengola mesin Dompeng sedangkan dan TI merupakan pengola dan pekerja.mereka di tangkap tanpa ada perlawanan karena berada di lokasi.

Selain mengamankan ke tiga Orang pelaku, petugas juga mengamankan alat yang di gunkan untuk penambangan berupa mesin Dompeng dan 3 unit mobil dump truck jenis colt diesel yang sedang memuat pasir hasil penambangan.

Tersangka dan barang bukti dan barang bukti sudah kami amankan, jelasnya.

Ia juga mengakui jika salah satu seorang tersangka yaitu “F” sempat melarikan diri kemudian di lakukan pengejaran tetapi yang bersangkutan kemudian menyerahkan diri ke Mako Polres Agam,ketika istri yang bersangkutan di interogasi oleh petugas, berkaitan di mana lokasi tempat tersangka di duga bersembunyi.

Ferry juga mengapreasipartipasi masyarakat dalam penegakan hukum dengan memberikan informasi pada penegak hukum. (dika)

Check Also

Polresta Padang Berhasil Tangkap Napi Kabur Dalam Tempo 12 Jam

PADANG (LN)–Narapidana di Lapas Muaro Kelas II A Padang yang kabur Sabtu (14/10) berhasil ditangkap¬†Jajaran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *