Home / ---- / Hindari Tersandung Hukum, BPBD Sumbar Bekali Penyelenggara Kegiatan Cara Pengelolaan Keuangan Bencana secara Tepat

Hindari Tersandung Hukum, BPBD Sumbar Bekali Penyelenggara Kegiatan Cara Pengelolaan Keuangan Bencana secara Tepat

Padang (LN)—Pembekalan hukum dalam penggelolaan keuangan bencana sanggat penting diberikan kepada penyelenggara kegiatan.

Perlu adanya pemahaman supaya penyelenggara kegiatan lebih hati hati, dan terhindar dari sandungan hukum.

Hal itu disampaikan Kalaksa BPBD Sumbar melalui Kabid. Rehabilitasi dan rekontruksi (RR) BPBD Sumbar, Suryadi di saat acara pembukaan Rapat koordinasi monitoring dan evaluasi kegiatan pemulihan daerah pasca bencana provinsi Sumatera barat, Kamis (12/12) di Padang.

Penyelenggara kegiatan harus dibekali pengetahuan hukum dari sekarang sehingga dapat mengelola dana kebencanaan secara tepat dan benar.

Sanggat disayangkan, ada daerah kab/kota yang menolak bantuan dana hibah kebencanaan. Padahal daerah kab/kota itu sanggat membutuhkan dana tersebut.

Terjadi hal itu karena timbulnya rasa ketakutan yang sebetulnya tidak beralasan.

Melalui Kegiatan ini, akan ada pemahaman hukum sehingga tidak ada lagi penyelenggara kegiatan yang merasa takut ataupun tersandung hukum, harapnya.

Narasumber pada acara rakor ini berasal dari inspektorat, kajati, BPK dan kepolisian, ucap Suryadi.

Selain narasumber diatas, diminta juga Tenaga ahli BNPB Bambang Sulistianto untuk memberikan pembekalan serta pencerahan kepada peserta.

Pada kesempatan itu, Bambang Sulistianto memberikan materi terkait Penyelenggaraan RR pada daerah terdampak bencana yang terkoordinasi terpadu dan menyeluruh untuk mewujudkan build back better, saver and sustainable.

Berita selanjutnya, klik disini

Check Also

Lima Kandidat Ketua IKW RI Dinyatakan Lolos Verifikasi

Padang (LN)—Setelah melewati masa verifikasi berkas selama Dua hari, kelima kandidat Calon Ketua Ikatan Kekeluargaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *