Home / ---- / Hingga Tahun 2019 Pemko Padang Targetkan 5.000 Unit Bedah Rumah, Sudah Terealisasi 3.097 Unit Rumah

Hingga Tahun 2019 Pemko Padang Targetkan 5.000 Unit Bedah Rumah, Sudah Terealisasi 3.097 Unit Rumah

PADANG (LN)–Pemerintah Kota Padang telah menyelesaikan program bedah rumah yang tidak layak huni. Sebanyak 3.097 unit telah selesai dibedah dari 5.000 unit yang ditargetkan hingga 2019 mendatang.

“Untuk tahun ini saja kami baru menyelesaikan 71 unit, dengan pengerjaan dimulai sesudah lebaran ini,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Padang, Afrizal BR, Sabtu (8/7).

Afrizal menyebutkan program ini telah berjalan dari 2014. Dimana dalam pengerjaan setiap tahunnya ditargetkan 1.000 unit. Ia pun menjelaskan bahwa untuk satu bedah rumah saja bernilai Rp 10 juta hingga Rp 15 Juta. Nilai satu rumah ditentukan berdasarkan seberapa besar kerusakan rumah tersebut.

Sedangkan syarat rumah yang dibedah antara lain berasal dari keluarga miskin yang tidak memilki kemampuan untuk memperbaiki rumah, kepemilikan rumah jelas (rumah milik sendiri/kaum), berada di kawasan aman artinya tidak berada di dekat rel kereta api maupun tepi pantai, dan rumah tersebut jauh dari syarat rumah sehat yakni tidak pencahayaan yang bagus.

Afrizal menjelaskan program ini juga dibantu oleh beberapa unit antara lain, Baznas, donatur (swasta), dan juga dana APBN. Dirinya pun optimistis target 1.000 unit per tahun ini tercapai hingga akhir tahun, walaupun saat ini pengerjaannya sedikit terlambat dari biasanya.

“Mudah-mudahan target akhir tahun bisa dikerjakan dengan baik, dan kami akan selalu memantau perkembangannya,” ujarnya seperti dikutip dari Antara Sumbar. (Charlie)

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *