Home / ---- / Jabatan Kepsek Banyak Kosong, Disdikbud Padang Gelar Diklat Siapkan Kepsek Berkualitas

Jabatan Kepsek Banyak Kosong, Disdikbud Padang Gelar Diklat Siapkan Kepsek Berkualitas

Padang (LN)—Pemerintah kota Padang saat ini, mengalami kekurangan kepala sekolah. Dari 410 sekolah dasar (SD) yang ada di kota Padang, masih banyak jabatan kepala sekolah yang belum terisi atau kosong.

Melihat kondisi itu, dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) kota Padang, perlu mempersiapkan diri, untuk bisa mengisi kekurangan kepala sekolah tersebut.

Dan saat ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kota Padang, tengah melakukan regrutman (Seleksi Calon Kepala Sekolah) guna mengisi kekosongan kepala sekolah tersebut.

Ditempatkannya, Kepala Sekolah yang benar benar memiliki kemampuan, baik secara kualitas maupun kuantitas, guna meningkatkan mutu pendidikan di kota Padang

Agar tercapainya hal itu, Disdikbud kota Padang, melakukan kerja sama dengan LP2KS dan LPMP Sumbar, yang merupakan lembaga resmi untuk menggeluarkan Sertefikat NUKS dan NUPS.

Lembaga itu nanti akan mempersiapkan assesor dan narasumber, sesuai dengan kebutuhan diklat tersebut.

Dari 60 peserta yang ikut, hanya 33 orang yang dinyatakan lulus seleksi Subtansi, serta bisa mengikuti Diklat calon kepala sekolah.

Pada Diklat itu, peserta mengikuti beberapa rangkaian kegiatan diantaranya, diantaranya On the Job Training 1 (OJT 1), memberikan materi tentang pemahaman dalam mengimplentasikan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah.yang dilaksanakn disekolahnya dibawah bimbingan mentor.

Dan selanjutnya, peserta akan diberikan In Servis Training 1 (IST1) selama 50 jam, untuk pemahaman materi tentang kebijakan, karakter, kode etik, Managerial, monitoring dan evaluasi supervisi kelas, penelitian dan pengembangan serta inovasi
Selanjutnya dilaksanakan OJT 2 pada sekolah sendiri dan sekolah yg ditunjuk oleh Dinas

Eleksi Terakhir yaitu IST2, hasil kegiatan best practice calon kepsek dipresentasikan dihadapan master tranfer

Kepala d pendidikan dan kebudayaan kota Padang, Habibul Fuadi mengatakan, Diklat calon kepala sekolah ini, bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

Kepala sekolah yang ditempatkan nanti, memang memiliki kemampuan yang handal, serta bisa memajukan sekolah yang dipimpinnya.

Fuadi berpesan, Mari kita majukan pendidikan di kota Padang, dengan cara bekerja secara profesional.

Ditambahkan, Kabid. Perencanaan dan penjaminan mutu pendidikan, Indriyedy Bakri, Kamis (28/10) diruang kerjanya.

Dijelaskannya, jabatan kepala sekolah di kota Padang saat ini, banyak yang kosong karena memasuki masa pensiun.

Bagi peserta yang lulus Diklat ini akan mendapatkan sertifikat Nomor Unit Kepala Sekolah (NUKS). NUKS sebagai persyaratan mutlak untuk bisa menduduki jabatan kepsek.

NUKS merupakan persyaratan mutlak sebagai kepsek yg digunakan untuk pencairan dana BOS, tandatangan ijazah serta tunjangan jabatan. Tanpa sertifikat, maka semua hal tersebut tidak bisa diproses, jelasnya.

#fit/den

 

 

 

Check Also

Anggota DPRD Sumbar Rahmad Saleh Kesal, Pokir Jaling Kapuih Terlantar, CV. SANSDEUSA KINALI harus Di Black List

Padang (LN)—Anggota DPRD Sumbar Rahmad Saleh (RS) merasa kecewa dan kesal, karena pokok fikiran (pokir) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *